Pakalawaki Institute dan Balai Pelestarian Kebudayaan XIX Sulawesi Selatan Akan Gelar Workshop Royong di Takalar

ByAdmin Kana

Mei 23, 2024
Bagikan :

Kananews.net–Takalar, 23 Mei 2024 – Pakalawaki Institute bekerja sama dengan Balai Pelestari Kebudayaan XIX Sulawesi Selatan akan mengadakan kegiatan Workshop Royong pada tanggal 26 Mei 2024. Acara ini bertujuan untuk melestarikan dan membangkitkan kembali tradisi royong yang menjadi salah satu nilai luhur masyarakat Takalar.

Workshop Royong ini akan diadakan di Desa Balangtanaya, Polongbangkeng Timur, Kabupaten Takalar dan diharapkan dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari akademisi, budayawan, pelajar, hingga masyarakat umum. Kegiatan ini akan diisi dengan berbagai sesi menarik yang mengupas tuntas tentang salah satu seni tutur ini dalam kehidupan bermasyarakat, serta bagaimana nilai-nilai tersebut dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Pembicara utama dalam workshop ini adalah para pakar budaya dan dua maestro pelaku royong yang memiliki pengetahuan dan pengalaman luas. Selain itu, akan ada sesi diskusi interaktif, praktik langsung, dan pertunjukan seni tradisional yang menggambarkan Royong.

Direktur Pakalawaki Institute, Rahmat Raning atau Damar I Manakku, menyatakan bahwa acara ini diharapkan dapat menjadi sarana edukasi dan inspirasi bagi masyarakat untuk terus menjaga seni Royong “Melalui workshop ini, kami ingin mengajak generasi muda khususnya remaja perempuan di desa ini mengenal kembali royong ini” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pelestari Kebudayaan XIX Sulawesi Selatan, La Ode Muhammad Aksa, berharap kegiatan ini dapat memperkuat hubungan antar komunitas dan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam melestarikan budaya lokal. ” Royong adalah warisan budaya yang harus kita jaga bersama. Kami sangat antusias dengan kerja sama ini dan berharap dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat luas,” tambahnya.

Workshop Royong ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs resmi Pakalawaki Institut atau langsung di lokasi acara pada hari H. Peserta diharapkan membawa semangat dan antusiasme untuk berpartisipasi aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *