Hamala Ma’had Al-Birr Luwu Raya Sukses Gelar Daurah Arabiyah

BySang Pencerah

Feb 13, 2024
Bagikan :

Luwu Utara,Kananews.net -Himpunan Mahasiswa Ma’had Al-Birr Luwu Raya sukses menyelenggarakan Penutupan Daurah Arabiyah pada Senin (12/2/24), di Masjid Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo.

Rusman, Wakil Direktur Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo mengungkapkan kisahnya ketika berhaji di Makkah tentang pentingnya bahasa Arab.

“Saya dulu memulai ibadah Haji pada tahun 2017. Ketika melakukan kegiatan Melempar Jumrah, saya terpisah dari rombongan. Akhirnya saya berusaha mencarinya, memberanikan diri bertanya kepada Polisi menggunakan bahasa Arab dan akhirnya bisa berkumpul kembali dengan Rombongan”. Ucap Rusman Selaku Wakil Direktur Pondok Pesantren.

Sandi, Kepala SMK Muhammadiyah Balebo sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Hamala Ma’had Al-Birr Luwu Raya ini semoga bisa bermanfaat untuk santri dan pesantren secara khusus dalam hal pengembangan bahasa Arab di pesantren.

“Sangat baik dan semoga bisa bermanfaat bagi santri dan pesantren secara khusus,”Ujarnya

Selain itu, Sarman berharap agar para santri mampu membiasakan berbahasa Arab di pesantren.

“Setelah selesai dari Daurah Arabiyah, jangan juga selesai belajar bahasa arabnya. Kenapa? Karena belajar Bahasa Arab butuh pembiasaan untuk bisa mahir dan lancar dalam berbahasa Arab”. Ucap Sarman Selaku Kepala MA.

Usia muda adalah usia yang paling tepat untuk mempersiapkan kesuksesan di Masa Depan. Siapapun yang ingin sukses dan mahir belajar bahasa Arab, maka wajiblah ia untuk mempelajarinya saat ini.

“Dua nikmat yang tidak boleh untuk di lupakan, yaitu nikmat Kesehatan dan Waktu luang. Mumpung masih sehat dan memiliki banyak waktu luang, pergunakan lah untuk belajar Bahasa Al-Qur’an, Bahasa Arab! Agar tidak ada penyesalan dikemudian hari.” Ucap Firmansyah, Selalu Ketua Umum Hamala.

Ucapan Terima kasih yang tak terhingga kepada tuan rumah penyelenggaraan Daurah Arabiyah, tak henti-hentinya disampaikan oleh panitia penyelenggara.

“Terima kasih telah menyambut kedatangan kami, dan turut menyukseskan kegiatan ini insyaa Allah di kemudian hari dapat kembali bersua dan menyelenggarakan kegiatan Daurah Arabiyah yang lebih baik lagi. Dan kami memohon maaf atas segala kekurangan, saran yang membangun akan kami tampung, dan menjadi pembenahan Hamala yang lebih baik lagi kedepannya.” Tambahnya.

Kegiatan yang di laksanakan selama 4 hari begitu berharga bagi mereka yang ingin mendapatkan ilmu pengetahuan Agama. Sebab, hanya di kegiatan inilah dapat memantik keinginan mencintai bahasa Arab.

“Walaupun kegiatan ini di laksanakan hanya 4 hari saja, minimal yang kami ajarkan adalah para santri dapat lebih mengenal dan mencintai bahasa Arab”. Ungkap Mutahhir Suhardin, Ketua Panitia Pelaksana.

Daurah di Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo berhasil menarik perhatian ustadz, santri, dan menjadi momen tak terlupakan bagi peserta.

“Banyak yang sudah datang ke pesantren ini untuk mengadakan kegiatan, tapi baru kali ini yang tidak bikin jenuh, tidak ada rasa malas untuk mengikutinya, dan yang pasti kami senang dan bahagia mengikutinya sampai selesai.” Ucap Aziz salah seorang peserta Daurah

Kegiatan Daurah akan terasa manfaatnya di kemudian hari, terlebih khusus bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di Timur Tengah. Ketika mampu berbahasa Arab pun akan mendapatkan banyak hal positif.

Pada kegiatan penutupan ini, berbagai pesan di sampaikan untuk memotivasi para santri lebih bersemangat mempelajari bahasa Arab kapan pun dan dimanapun.

Wakil Direktur Pondok Pesantren, H. Rusman, menutup acara resmi dengan menerima sertifikat penghargaan dari Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Ma’had Al-Birr Luwu Raya sebagai Tuan Rumah Daurah Arabiyah Part VI.

Pembagian hadiah kepada pemenang Festival Bahasa Arab menjadi penutup yang meriah.

Acara dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Wakil Direktur Pondok Pesantren, Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Balebo, Kepala Sekolah Madrasah Aliyah, ustadz dan ustadzah, pembina pondok, dan peserta Daurah sebanyak 344 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *