Sedang Berlangsung, Hamala Al-Birr Luwu Raya Gelar Daurah Arabiyah Kerjasama PontrenMu Balebo

Bagikan :

Luwu Utara, kananews.net -Himpunan Mahasiswa Ma’had Al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar Luwu Raya menggelar Daurah Arabiyah bekerja sama dengan Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo.

Dalam sebuah upaya untuk memperkuat pengajaran bahasa Arab dan mempromosikan nilai-nilai Islam, Himpunan Mahasiswa Ma’had Al-Birr Luwu Raya (Hamala) kembali menyelenggarakan Kegiatan Daurah Arabiyah.

Acara ini berlangsung dengan sukses di Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo Kabupaten Luwu Utara, mulai dari tanggal 8-12 Februari 2024.

Kegiatan Daurah Arabiyah dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan untuk menyebarkan ajaran Islam, mengajarkan bahasa Arab, dan memperkenalkan Ma’had Al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai kampus yang unggul dalam pembelajaran bahasa Arab kepada seluruh lapisan masyarakat.

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Ma’had Al-Birr Luwu Raya, Firmansyah, menyatakan bahwa Daurah Arabiyah adalah program kerja yang tak tergantikan bagi Hamala, menjadi cara efektif untuk mengajarkan bahasa Arab kepada santri dan santriwati di berbagai Pondok Pesantren.

“Organisasi Daerah Asal Luwu Raya (Hamala) mengusung tema “Bahasa Arab: Bahasa Ilmu dan Peradaban Jembatan Pemersatu Dunia” dengan semangat penuh. Mereka berharap santri dan santriwati menjadi penerus bangsa yang mahir dalam bahasa Arab, serta mampu membentuk peradaban yang cemerlang, Terangnya

Direktur Pondok pesantren Darul Arqam Muhamadiyah Balebo, Untung Sunardi mengatakan saat ini bukan hanya bahasa Inggris yang menjadi kunci kita bisa keluar negeri, akan tetapi Bahasa Arab memiliki peran yang sama untuk itu, karena bahasa arab merupakan salah satu dari bahasa internasional.

“Selain Bahasa Inggris, salah satu bahasa yang dikuasai santri adalah bahasa Arab yang merupakan bahasa Internasional di dunia,”Ujarnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memajukan bahasa semoga bisa berkembang dan diaplikasikan di Pesantren.

Kegiatan pembukaan di tutup dengan ta’aruf atau perkenalan oleh Himpunan mahasiswa Ma’had Al-Birr Luwu Raya kepada seluruh tamu undangan serta menyampaikan pesan dan harapan kepada peserta Daurah Arabiyah.

“Meskipun Daurah Arabiyah ini hanya di laksanakan selama kurang lebih 4 hari saja, hal ini mungkin masih belum bermanfaat untuk hari ini. Tapi percayalah, dengan penuh sungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini, akan terasa manfaatnya di kemudian Hari.” Ucap Roza Damara selaku sekretaris umum Himpunan mahasiswa Ma’had Al-Birr Luwu Raya

Dalam acara pembukaan, beberapa tokoh utama memberikan sambutan, antara lain ketua Umum Hamala Firmansyah, Kepala Sekolah MA Ustadz Sarman dan Direktur Pondok Pesantren Darul Arqam Muhamadiyah Balebo Untung Sunardi, sekaligus membuka secara resmi kegiatan daurah Arabiyah.

Acara pembukaan dihadiri, oleh 344 santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Darul Arqam Muhamadiyah Balebo, Pimpinan Pondok Pesantren, Para Ustadz dan Ustadzah, pembina Pondok Pesantren, pengurus Himpunan Mahasiswa Ma’had Al-Birr Luwu Raya, dalam hal ini panitia sebanyak 18 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *