UKTS Cabang 03 TSPM Balebo Sukses Digelar, Untung Sunardi : Tapak Suci Wajib ada di Lembaga Persyarikatan Muhammadiyah

BySang Pencerah

Jan 29, 2024
Bagikan :

Luwu Utara, kananews.net – Ujian Kenaikan Tingkat Siswa Cabang 03 Tapak Suci Putera Muhammadiyah Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo sukses digelar pada Sabtu-Ahad, (27-28/1/24), Di Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo.

Untung Sunardi, Sebagai Direktur Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo mengatakan bahwa tapak suci sebagai bagian dari Ortom Muhammadiyah wajib ada di setiap Lembaga Persyarikatan Muhammadiyah. Keberadaannya bukan hanya sekedar ada, tetapi mampu dikembangkan dengan lebih baik.

“Tapak Suci Putera Muhammadiyah sebagai salah satu Ortom, di setiap lembaga Muhammadiyah wajib ada Tapak suci. Keberadaan tapak suci bukan hanya sekedar ada tetapi betul-betul bisa dikembangkan dengan baik,” Ujarnya.

Selanjutnya, beliau berharap agar siswa yang mengikuti UKTS ini jenjangnya bukan hanya siswa dasar tetapi bisa melanjutkan ke jenjang kader untuk bisa melakukan kaderisasi dan bisa melatih siswa kembali.

“Makanya saya berharap bukan hanya sampai siswa dasar tetapi bisa sampai ke jenjang kader agar nantinya bisa menjadi pelatih dan melatih siswa,” Ungkapnya.

Selain itu, salah satu bentuk sosialisasi yang konkrit adalah melalui tapak suci putera Muhammadiyah sesuai dengan tujuan Muhammadiyah

“Tapak suci juga bagaimana bisa mensosialisasikan program Muhammadiyah melalui Tapak suci yang sesuai dengan tujuan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, dakwah dan Tajdid,” Tandasnya.

“Di Tapak suci bukan hanya sekedar  gerakan fisik saja tetapi juga ada kegiatan kerohanian seperti Baitul Arqam dan lain sebagainya,” Harapnya

Beliau juga menegaskan agar siswa atau kader tapak suci bukan hanya kuat fisiknya tetapi juga bisa dari segi akidah dan akhlak.

“Yang intinya bukan hanya bagaimana kader tapak suci kuat fisiknya saja tetapi juga bisa kuat dari segi akidah dan akhlak sebagai mana yang ada pada motto tapak suci yaitu “dengan iman dan akhlak saya menjadi kuat, tanpa iman dan akhlak saya menjadi lemah.” Makanya inilah yang harus dimiliki oleh setiap kader,” Tegasnya

Terakhir beliau berpesan agar siswa dan kader tapak suci untuk selalu menjaga akhlak dan mampu bersikap lemah lembut serta mampu berada di barisan terdepan membela tapak suci dan Muhammadiyah.

“Dalam tapak suci putera Muhammadiyah, kita harus pahami makna dibalik lambang tapak suci putera Muhammadiyah,
salah satu diantaranya adalah menjadi kader yang tidak sombong tetapi bersikap lemah lembut, sopan, tetapi ketika ada orang yang merongrong Islam, merongrong Muhammadiyah tentu kita harus berada di barisan terdepan.

Ibrahim Nasir, Ketua Pimpinan Daerah 273 TSPM Kab. Luwu Utara merasa bersyukur UKTS ini bisa terlaksana.

“Alhamdulillah untuk tahun 2024 ini, Cabang 03 Tapak Suci Putera Muhammadiyah Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo melaksanakan Ujian Kenaikan Tingkat Siswa Susulan ini dikarenakan Kalender pendidikan berbeda dengan sekolah umum lainnya,”Ujarnya pada Sabtu, (27/1/14)

Beliau juga menyampaikan tujuan pelaksanaan UKTS sebagai evaluasi dan mencari bibit unggul persyarikatan Muhammadiyah kedepannya.

“Adapun tujuan dari pada UKT ini adalah untuk mengevaluasi latihan selama enam bulan terakhir, kedua mencari bibit untuk kaderisasi baik di tingkat tapak suci maupun di tingkat persyarikatan Muhammadiyah, Terangnya

Selanjutnya, sebagai bahan data potensi atlit yang telah meraih juara umum Piala bergilir Bupati Cup Luwu Utara

“Disamping itu, untuk mendata, menilai Atlit yang berpotensi kedepannya. Apalagi kita pahami bersama bahwa Di Tahun 2023 tepatnya di bulan November di gelar kegiatan Bupati Cup dimana Cabang 03 Tapak Suci Putera Muhammadiyah Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo meraih juara umum dengan membawa piala umum bergilir,” Ungkapnya

Harapannya, di tahun 2024 Cabang 03 Tapak Suci Putera Muhammadiyah Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah mampu mempertahankan gelar juara umum Piala bergilir Bupati Cup Luwu Utara.

“Sehingga diharapkan di tahun 2024 ini, bisa mempertahankan sebagai juara umum. Kemudian juga adalah melihat potensi-potensi anak-anak itu untuk bisa dijadikan kader demi kelangsungan hidup persyarikatan Muhammadiyah kedepannya,” Harapnya.

Terakhir, beliau berharap agar pelaksanaan UKTS yang dijadwalkan oleh panitia berjalan dengan baik dan lancar.

“Mudah-mudahan apa yang dijadwalkan oleh panitia sesuai dengan yang diharapkan,” Tutupnya

UKTS ini dilaksanakan pada Sabtu-Ahad, 27-28 Januari 2024 dengan jumlah peserta sebanyak 43 orang dan Kader/Pelatih sebanyak 15 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *