Diduga Ujian Praktik SIM C, AKP Lando K Sambolangi; Ini Hanya Mencoba Trek Baru

Bagikan :

Makassar, kananews.net – Beredar sebuah video yang memperlihatkan salah satu pejabat dari Satlantas Polrestabes Makassar keluar jalur saat mencoba ujian praktik SIM C.

Dalam video tersebut, nampak polisi berpangkat dua bunga melati itu mencoba jalur u-turn. Diketahui, pengendara motor yang melakukan uji coba jalur baru merupakan Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP Amin Toha.

Diawal video nampak pejabat polisi itu lancar melewati trak lurus. Namun, ketika berbelok ke jalur u-turn, roda depan motor keluar garis putih.

Dengan perlahan pejabat polisi itu mencoba mengimbangi kendaraan roda dua tersebut agar tidak menurunkan kaki. Meski keluar jalur, pejabat polisi itu tetap melanjutkan laju motornya.

Dari peristiwa itu netizen mengunggah Potongan video itu sehingga tersebar di beberapa platform media sosial (Medsos) dan sontak menjadi perhatian warganet.

Seperti yang di-posting akun media sosial instagram sosmedmakassar, warga net memberikan berbagai tanggapan saat melihat aparat kepolisian yang keluar jalur saat mencoba ujian SIM C.
“Aih simpan memang vidionya, biar nanti kalau perpanjangan sim, nah banyak bicarana bapaka, kalau pke rem sama keluar garis, ini mamiku kasih lihatkan,” tulis salah satu akun bernama imam_hdyttt.

Tak hanya itu, netizen juga membandingkan jika warga biasa yang keluar jalur saat praktek ujian SIM C.
“Keluar garis, pakai rem kalau kita yang keluar garis pasti gagal mi seng (pasti gagal lagi), kalau lancar, langsung bilang, jangan direm jangan direm,” tulis akun lain bernama kapten_ir.
“Kalau warga begini, pasti dikasih berhentimi (diarahkan untuk berhenti), disuruh urus ulang lagi, dan menunggu satu minggu,” tulis vandi.bhr.

Sementara, Kasi Humas Polrestabes Makassar AKP Lando K Sambolangi mengatakan, dalam video itu Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP Amin Toha hanya mencoba trek baru jalur SIM C.
“Itu kan bukan dalam ujian praktik dalam pengambilan SIM, itu sirkuit baru. Namanya juga baru sekali belum paham betul juga, kendaraan saja kalau baru bingung juga. Kasat Lantas bukan mau ujian SIM,” ucapnya saat dikonfirmasi awak media , Kamis (10/8/2023) kemarin.
“Itu kan bukan ujian untuk mengambil SIM tapi mencoba sirkuit baru huruf S perubahan dari yang sebelumnya yaitu angka 8 yang diberlakukan mulai tanggal 7 Agustus 2023. Namanya juga sirkuit baru artinya baru dicoba sebelum ada test pemohon baru,” tambahnya.

Untuk diketahui, Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Makassar resmi menerapkan tes ujian Surat Izin Mengemudi (SIM C) dengan jalur berbentuk huruf ‘S’.

Sirkuit ujian yang awalnya menggunakan lintasan berbentuk zig-zag dan angka 8 kini telah dirubah secara resmi pada Senin (7/8/2023).

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib mengatakan, perubahan itu dilakukan berdasarkan surat putusan Korps Lantas Lintas (Korlantas) Polri dengan nomor 105/VIII/2023 tertanggal 4 Agustus 2023.
“Di mana ada beberapa perubahan yang tentunya di antaranya adalah uji pengereman, kemudian uji u-trun, perubahan ujian dari angka delapan menjadi S,” jelas Ngajib kepada awak media saat ditemui di Satpas Polrestabes Makassar, Jalur Sermani, Kota Makassar, Sulsel, Senin pagi kemarin.

Ngajib yang mencoba langsung jalur baru berbentuk huruf ‘S’ itu menganggap perubahan uji jalur itu lebih mudah dan dapat dipahami dengan cepat.
“Empat materi pengujian yang diubah ini dalam rangka untuk memberikan kemudahan kepada para pemohon SIM. Alhamdulillah kalau melihat daripada perubahan ini semuanya lebih dipermudah, tidak ada tingkat kesulitan. Insyaallah akan lebih mudah mendapatkan SIM,” kata Ngajib.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *