Sukseskan Pelantikan Akbar di Sulawesi Selatan, Seperti Ini Harapan Bambang Goeritno

Bagikan :

Makassar, kananews.net – Forum Insinyur Muda Persatuan Insinyur Indonesia (FIM PII) telah mengadakan pelantikan akbar pengurus cabang di Sulawesi Selatan pada Sabtu, 24 Juni 2023 kemarin.

Acara yang berlangsung di Aula Prof. Mattulada, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Hasanuddin, ini mengangkat tema Kolaborasi Insinyur Muda Menuju Indonesia Emas, sebagai bentuk komitmen FIM PII dalam menghasilkan inovasi dan kontribusi terbaik untuk kemajuan bangsa.

Pelantikan ini dihadiri oleh sekitar 100 peserta yang terdiri dari pengurus cabang FIM PII yang berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan. Ketua Panitia, Bayazid Sustami, menyampaikan bahwa proses pelantikan melibatkan 18 pengurus cabang dan berlangsung selama 3 bulan, dimulai dari pendaftaran secara online, verifikasi berkas, hingga acara pelantikan. Sebagai bagian persiapan, sejumlah kegiatan webinar juga telah dilaksanakan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan keinsinyuran kepada peserta. Pelantikan ini akan dirangkaikan dengan seminar nasional dan diklat daerah yang akan diadakan keesokan harinya.

Acara pelantikan ini turut dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk perwakilan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Sekretaris Jenderal PII pusat, Wakil Bendahara Umum PII Pusat, Ketua Umum FIM PII Pusat, serta Ketua FIM PII Regional. Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal PII, Ir. Bambang Goeritno, M.Sc., MPA., IPU., ACPE., APEC Eng, menyatakan bahwa pelantikan akbar ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan di lingkup PII. Beliau berharap acara ini dapat membangkitkan semangat keinsinyuran di Sulawesi Selatan serta memberikan dampak positif bagi bangsa dan negara.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili oleh dr. Andi Mappatoba., MH., MBA DTAS, staff ahli bidang pemerintahan pemprov Sulsel, turut menyampaikan sambutan dari Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Dr. Andi Mappatoba menyampaikan kebanggaannya atas semangat dan dedikasi insinyur-insinyur di Sulawesi Selatan. Ia berharap bahwa kehadiran mereka akan mendorong kemajuan dan perkembangan yang lebih baik bagi daerah ini. Dalam kesempatan tersebut, dr. Andi Mappatoba., MH., MBA DTAS juga secara resmi membuka acara pelantikan, seminar nasional, dan diklat daerah.

Proses pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan oleh Sekretaris FIM PII Sulsel, Ir. Mirza Fadhlullah., S.T., IPM, yang menegaskan komitmen pengurus cabang dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka. Dilanjutkan dengan pembacaan sumpah dan penyerahan pataka oleh Ketua Umum FIM PII Pusat, Ir. Haudhi Ramdayusa, S.T., IPM., ASEAN Eng, didampingi oleh Ketua Umum FIM PII Sulsel, Ir. Agung Triady Putra, S.T., serta Ketua Bidang OKK FIM PII Sulsel, Edi Siswanto Syarif, S.T.
Turut serta pula Ketua Umum PII Sulsel sekaligus Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc yang membawakan materi Seminar Nasional yang memberkan banyak masukan bahwa:
“Insinyur Muda memiliki peran penting dalam kemajuan inovasi dan pengembangan kesiapan insinyur dalam menjawab tantangan pembangunan”.
Pada Ahad , 25 Juni 2023, agenda dilanjutkan dengan Pendidikan dan Latihan Tingkat Daerah FIM PII Sulsel yang diisi oleh Direktur Eksekutif PII, Ir. Habibie Razak, IPU, APEC Eng., ACPE yang berlangsung selama 2 hari yang intensif.
“Ini adalah kegiatan pertama yang diadakan dalam ruan lingkup PII.

Kegiatan ini memiliki tujuan mulia, yaitu memberikan pemahaman yang mendalam tentang bidang keinsinyuran dan profesionalisme serta visi dan mis PII kedepannya kepada para pengurus cabang FIM PII Sulsel yang baru terbentuk. Kami bertekad untuk memberikan gambaran yang komprehensif dan membekali mereka dengan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan dalam mengemban tugas mereka.”

Selama 2 hari penuh inspirasi ini, para peserta diberikan kesempatan untuk belajar dari para ahli dan praktisi terkemuka dalam industri insinyur. Mereka terlibat dalam diskusi mendalam, contoh implementasi keinsinyuran serta arah PII dan FIM kedepannya

“Kami berterima kasih kepada semua peserta yang telah berpartisipasi dengan antusias, serta kepada para pembicara dan pelatih yang telah berbagi pengetahuan mereka dengan generasi muda insinyur. Kami berharap bahwa melalui pendidikan dan latihan ini, para pengurus cabang FIM PII Sulsel dapat tumbuh dan berkembang menjadi pemimpin masa depan yang kompeten dan berdedikasi”.

Dengan pelantikan dan diklat ini, FIM PII Sulawesi Selatan siap bergerak maju dan menjadi penggerak inovasi di wilayah ini. Dengan semangat kolaborasi, kreativitas, dan keberlanjutan, insinyur muda di Sulawesi Selatan akan berperan aktif dalam menghadapi tantangan masa depan dan membantu mewujudkan Indonesia Emas, tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *