Berusaha Menjinakkan Sijago Merah, Petugas Pingsan Akibat Asap Tebal

Bagikan :

Maros, kananews.net – Api yang membakar toko sekaligus gudang plastik di Jalan Poros Makassar-Maros, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, akhirnya berhasil dijinakkan petugas pemadam akibat kejadian tersebut petugas membutuhkan waktu 20 jam lamanya agar sijago merah dapat ditaklukkan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Maros, Jufri menuturkan kebakaran terjadi sejak Ahad(19/2/2023) pukul 14.00 Wita. Sijagomerah baru berhasil dijinakkan total pada Senin (20/2/2023) sekitar pukul 11.30 WITA.

Lebih lanjut Jufri menuturkan: “Kemarin malam api mulai mengecil, tapi tadi pagi sempat membesar lagi. Dan alhamdulillah, api sudah padam,” ungkap Jufri kepada awak media, Senin (20/2/2023).

Jufri menyebutkan kita membutuhkan puluhan mobil pemadam kebakaran dan ratusan personel tim gabungan pemadam kebakaran untuk bekerja sama menjinakkan sijagomerah yang berkobar hebat.

Tim gabungan pemadam kebakaran itu sendiri terdiri dari Damkar Pemkab Maros, Damkar Pemkot Makassar, Damkar Angkasa Pura I dan Damkar TNI AU.
“Kami dibantu armada dari Damkar Makassar, karena kami hanya punya 11 armada. Damkar Makassar bantu 14 armada, Auri 4 unit, dan juga Angkasa Pura 1 unit. Kalau di total 30-an armada. Personel kurang lebih 150 orang,” ungkapnya.

Dalam proses pemadaman ada Satu orang personel pemadam kebakaran yang berjibaku memadamkan api bahkan sempat pingsan kala berupaya menjinakkan si jago merah. Pasalnya kondisi gudang plastik yang tertutup dan penuh dengan asap tebal membuat petugas sulit bernapas.
“Ada kemarin satu anggota yang pingsan karena menghirup asap yang memang tebal sekali. Padahal, sudah gunakan baju (alat pelindung diri),” jelasnya.

Lebih lanjut Jufri menyebutkan ada beberapa faktor yang menyebabkan sijago merah membakar gudang plastik tersebut dan sulit dipadamkan, Selain karena sulitnya akses air, jalan menuju titik api juga terbilang sangat sempit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *