BREAKING NEWS : Bencana Alam Melanda Turki, Anadolu Agency: Ada 34 bangunan yang hancur

Bagikan :

Turki, kananews.net – Gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,8 magnitudo menggetarkan Provinsi Osmaniye di Turki, pada Senin (6/2/2023) waktu setempat.

Getaran gempa terasa di Suriah dan berlangsung pada pagi buta ketika para penduduk masih tertidur lelap.

Para pejabat Suriah mengatakan, ini adalah gempa terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah. Menurut hasil analisa United States Geological Survey, gempa bumi terjadi sekitar pukul 04.17 pagi waktu setempat atau sekitar 08.17 WIB.

Sementara Gempa berpusat di kedalaman 17,9 km.

Tak lama setelah itu, Gempa susulan berkekuatan 6,7 magnitudo terjadi 15 menit kemudian.

Dari keterangan Gubernur Provinsi Osmaniye Erdinc Yilmaz, Anadolu Agency melaporkan bahwa: “sedikitnya lima belas orang meninggal dunia dalam bencana tersebut. Diketahui Jarak provinsi ini sekitar 600 km dari Ibu Kota Ankara dan lebih 1.000 km dari Istanbul, kota terbesar di Turki.”

Yilmaz menambahkan, “terdapat 34 bangunan yang hancur di Provinsi Osmaniye dan jumlah korban jiwa kemungkinan dapat bertambah.
Waktu terjadinya gempa berarti kebanyakan orang masih tidur di rumah, sehingga meningkatkan potensi jumlah korban,” jelas Yilmaz.

Selain itu, hasil pantauan yang disiarkan di televisi lokal menunjukkan para tim penyelamat sedang menggali reruntuhan bangunan yang turut terdampak gempa di Kota Kahramanmaras, Kota Adana, dan Gaziantep.

Sementara di tempat lain terlihat warga masih menggunakan piyama mereka yang syok menyaksikan tim penyelamat menggali puing-puing rumah yang rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *