Peduli Kualitas Desain, Forum A20 dan IAI Sulsel Gelar Sharing Session Design Concept

Bagikan :

Makassar, kananews.net – Setiap arsitek harus memperhatikan tiga hal: Problem Statement, Design Concept dan Detail Design. Satu tahap tidak jalankan, maka pada dasarnya arsitek merencanakan kegagalan. Begitu kesimpulan paparan dari Sharing Session Forum A20 seri Design Concept yang digelar oleh Forum A20 bersama IAI Sulsel (28/1) via Zoom.

Hadir sebagai pembicara adalah Arsitek Haryanto Bakri dan Arsitek Ikhsan Hamiru. Haryanto Bakri menyampaikan pengalamannya pada kasus perencanaan Bendungan Karalloe.

Menurutnya, tantangan dalam mendesain lanskap dan bangunan ialah adaptasi desain terhadap kontur eksisting. Konsep desain yang diajukan mengangkat nilai-nilai kearifan lokal sebagai dasar pendekatan arsitektur neo-vernakular, misalnya terlihat pada bangunan menara pandang yang ikonik.

Sementara itu, Ikhsan Hamiru membagikan pengalamannya pada kasus desain Rumah Sore Series. Tantangan yang ia hadapi ialah lahan yang terbatas dan kompleksitas ruangan yang diinginkan oleh klien. Konsep desain yang diajukan split level dan ruang lebih terbuka sehingga bisa memaksimalkan potensi alam seperti sirkulasi udara dan pencahayaan. Selain itu, desain Rumah Sore juga menerapkan sistem tangga yang sangat landai agar bisa digunakan oleh lansia.

Sharing Session Forum A20 merupakan forum arsitek untuk meningkatkan ekosistem pelaksanaan konstruksi bangunan agar lebih berkualitas. Kegiatan sesi pertama yang dimoderatori oleh A.Maeyanti, S.T itu dihadiri oleh puluhan peserta, baik arsitek, mahasiswa, maupun akademisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *