Sambut Tahun Baru, FLP UNM Tegakkan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar

Bagikan :

Makassar, kananews.net – Forum Lingkar Pena (FLP) Universitas negeri Makassar (UNM) menggelar kajian keislaman Jumat 30 Desember 2022 secara daring, diketahui keislaman ini salah satu pilar utama dari Forum lingkar pena selain dari kepenulisan dan keorganisasian.

Di penghujung akhir 2022 ini pengurus FLP UNM mengangkat tema “Refleksi Akhir Tahun” yang diisi langsung oleh Dr. Ikhwan Bahar, S.Pd, M.Pd salah satu Ketua Dewan pengurus pusat Da’i Muda Bulukumba dan Pengurus Yayasan pembinaan tunanetra Indonesia yang ada di Makassar.

Dalam kajian tersebut ustad Ikhwan Bahar atau yang biasa disapa kak Ihwan menyampaikan dalam repleksi akhir tahun itu kita dianjurkan banyak membaca Allahumma inna nas-aluka salamatan fiddini wa’afiatan filjasadi waziyadatan fil’ilmi wabarokatan firrizki wataubatan qablalmauti warahmatan ‘indalmauti wamaghfiratan ba’dal maut, Allahuma hawwin ‘alaina fisakaraatil maut.
Yang Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada Engkau akan keselamatan agama, kesehatan badan, pengetahuan, berkahnya rezeki, mendapatkan tobat sebelum wafat , mendapat rahmat ketika wafat , mendapat ampunan sesudah wafat dan ringankanlah dalam sakaratul maut.

“Kita berharap dengan memahami makna dari doa ini bisa menjadi repleksi bagi kita untuk selalu bermuhasaba diri agar kehidupan kita di Dunia bisa lebih bermanfaat”.

Lebih lanjut kak Ihwan dalam tausiahnya mengutip hadits Nabi Muhammad SAW yang artinya, barangsiapa yang harinya sekarang lebih baik daripada kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung, barangsiapa yang harinya sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi, dan Barangsiapa yang harinya sekarang lebih jelek daripada harinya kemarin maka dia terlaknat.
“Untuk itu di akhir tahun ini mari kita bermuhasaba karena kita tidak mengetahui memasuki 2023 ini masih ada dosa 2022 yang kita bawa,” jelasnya.

Diakhir kajian itu ditutup dengan sesi Tanya jawab yang dipandu oleh Firdaus Abdul Rahim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *