GEBYAR LOMBA DAN KREASI FISIKA (GALAKSI) TINGKAT NASIONAL TAHUN 2022 BERTABURAN PRESTASI

Bagikan :

Makassar, kananews.net – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar kembali gelar Gebyar Lomba dan Kreasi Fisika (GALAKSI) tahun 2022 tingkat Nasional dengan tema “Exceeding Potential”, di Auditorium Kampus II UIN Alauddin Makassar, Senin (21/11/2022).

Kegiatan ini berlangsung selama lima hari mulai 17 hingga 21 November 2022 hari ini.
GALAKSI 2022 memperebutkan 17 cabang perlombaan dengan tiga jenjang satuan pendidikan yaitu jenjang SMA/MA/SMK Sederajat, jenjang SMP/MTs/MTs Sederajat, dan jenjang SD/MI/Sederajat. Cabang perlombaan yakni cabang perlombaan Essay Ilmiah, Proyek Sains, KIT Eksperimen, Olimpiade Fisika SD/SMP/SMA, Akustik, Mading Ilmiah berbasis IT, Musikalisasi Puisi, Fotografi dan Video dokumenter, Cerdas Cermat Fisika, Cipta Baca Puisi, Tilawah, Mewarnai, dan Dai Cilik.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Bapak Dr. H. Ilyas, M.Pd., M.Si., beliau menyampaikan kegiatan ini merupakan hal yang sangat bagus untuk membangun keterampilan dan potensi.

“Mudah-mudahan apa yang dilaksanakan pada kesempatan ini adalah hal yang sangat bagus, untuk membangun keterampilan dan hal-hal yang terkait dengan potensi yang ada pada diri ananda semua”

Wakil Dekan III tersebut berharap lomba ini dapat menorehkan hasil ke tingkat nasional yang lebih luas bahkan ke tingkat internasional dan tahun-tahun berikutnya lebih besar lagi.

“Mudah-mudahan lewat lomba ini bisa menorehkan hasil bisa ikut ke tingkat nasional lebih luas bahkan ikut ke tingkat internasional dan saya mengapresiasi panitia karena mampu melakukan sebuah aktivitas luar biasa, dan mudah mudah-mudahan tahun-tahun berikutnya lebih besar lagi”. Pungkasnya

Lanjut, Ketua Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Ibu Rafiqah, M.Si., M.Pd., mengungkapkan dalam sambutannya kegiatan ini merupakan program unggulan Prodi Pendidikan Fisika dan rutin dilaksanakan yang bertujuan sebagai wadah penyaluran bakat khususnya sains dan seni untuk peserta didik yang berada di SD, SMP, dan SMA.

Ketua Jurusan Pendidikan Fisika ini menginformasikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Prodi Pendidikan Fisika pada Masyarakat dan menjalin kemitraan dengan sekolah-sekolah dan tahun sebelumnya ada sekitar 280 peserta dan tahun ini ada lebih 300 peserta, jadi tahun ini membuktikan kepada kita semua diberikan akal untuk selalu berfikir dan menemukan solusi dari setiap permasalahan, tuturnya.
Dilain pihak Rustam selaku panitia pelaksana menjelaskan bahwa pada GALAKSI 2022 yang berhasil menjadi juara umum pada tingkat satuan Pendidikan SMA/MA/SMK sederajat yakni SMA Islam Athirah Bone, sedangkan juara umum pada tingkat SMP/MTs sederajat yakni SMP IT Yuhana Four Dalle, serta tingkat SD/MI sederajat yakni SD Akar Panrita Mamminasata Makassar.

Penulis: Anas Irwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *