Kagumi Smart City Makassar, PAP JIA FIS-H UNM berkunjung ke War Room Pemkot Makassar

Bagikan :

Makassar, kananews.net – Command Center Pemerintah Kota Makassar atau yang populer dengan sebutan War Room sebagai Implementasi Program Smart City Walikota Makassar menarik atensi berbagai pihak untuk datang melihat langsung.

Salah satunya adalah Program Studi (Prodi) Pendidikan Administrasi Perkantoran (PAP) Jurusan Ilmu Administrasi (JIA), Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang melakukan kunjungan ke War Room Pemerintah Kota Makassar pada hari Jum’at (04/11). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka ‘Kelas Kolaboratif Dosen UNM Bersama Dinas Kominfo Kota Makassar’.

Isgunandar, Dosen PAP FIS-H UNM mengatakan War Room menjadi magnet tersendiri baginya untuk memboyong mahasiswanya yang sedang memprogram mata kuliah “Sistem Informasi Manajemen”. Lantaran kinerja War Room yang menggunakan teknologi tinggi dalam memantau berbagai aktifitas di hampir seluruh titik yang ada di Kota Makassar. Mulai dari keamanan, kelancaran lalu lintas, dan berbagai kejadian yang ada di Kota Makassar dapat kita lihat serta dengan cepat dan dapat menjadi informasi kepada masyarakat. War Room di Balaikota ini layaknya Command Room yang ada di Markas Departemen Pertahanan AS di Pentagon, seperti yang biasa disaksikan di film action.

Lanjut Isgunandar, lewat kegiatan ini berharap semoga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman baru adik-adik mahasiswa khususnya yang memprogram mata kuliah “Sistem Informasi Manajemen”.

Sementara itu, Andi Zulkarnain Kepala UPTD Diskominfo Kota Makassar bersama tim supervisor dan operator War Room saat di sela-sela menjamu kedatangan rombongan PAP FIS-H UNM di War Room juga menjelaskan bagaimana mekanisme kerja di War Room ini berjalan.

“Kehadiran War Room menjadikan Kota Makassar semakin layak disebut sebagai Smart City karena berbagai informasi yang terjadi di Kota Makassar dapat dipantau selama 24 jam nonstop,” ungkapnya.

“Saat ini jumlah CCTV yang tersebar di Kota Makassar ada 183 CCTV yang sudah terintegrasi oleh kepolisian. Direncanakan tahun ini Kota Makassar akan mengadakan CCTV lorong sekitar 4000 CCTV.”

War Room juga menyediakan Layanan Call Center 112 bebas pulsa untuk pelayanan telepon darurat, yang beroperasi 24 jam nonstop. “Kunjungan dari teman-teman UNM ini semakin membuktikan bahwa terobosan War Room oleh Walikota Makassar mampu menjadi daya tarik tersendiri dan menegaskan bahwasanya Kota Makassar makin 2 kali tambah baik” sebutnya.

Fajar Srimulana, salah satu mahasiswa mengungkapkan “kami mengucapkan terima kasih kepada dosen kami Pak Isgunandar yang telah memfasilitasi kegiatan ini juga kepada Dinas Kominfo Kota Makassar yang bersedia menerima kami. Ini adalah pengalaman pertama bagi kami menginjakkan kaki di kantor Walikota Makassar apalagi di War Room yang memiliki peralatan yang super canggih seperti ini”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *