Mahasiswa se-Indonesia Bakal ‘Gelut Ide’ di Ajang PIKIR, Dian Pramana: Fastabiqul Khaerat!

Bagikan :

Makassar, kananews.net – Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (UKM LKIM-PENA) Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) kembali menggelar ajang tahunan bergengsi bagi para kaum mahasiswa dan pelajar yakni Pekan Ilmiah dan Kreativitas Remaja (PIKIR) 2022. (Sabtu, 15/10/2022).

Kegiatan yang berlokasi di kampus Unismuh Makassar itu, dihadiri oleh puluhan kampus yang tersebar di seluruh tanah air seperti Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Jember, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Padang, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Madura, dan kampus-kampus lainnya. Selain kampus, PIKIR juga akan dimeriahkan oleh peserta siswa-siswi dari berbagai sekolah se-Sulawesi Selatan.

Dokumentasi PIKIR LKIM-PENA Unsimuh Makassar (sumber: whatsApp)

PIKIR yang tahun ini bertemakan “Strategi iGeneration Menuju Indonesia Emas 2045” akan digelar selama 4 hari yakni mulai tanggal 15 sampai 18 Oktober 2022.

Adapun menurut ketua LKIM-PENA, Irmawati mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebagai wadah penyaluran intelektual dan kreativitas bagi para mahasiswa dan siswa.

“PIKIR menjadi wadah bagi para mahasiswa itu sendiri sebagai agent of change dengan kontribusi karya inovatifnya menuju persiapan Indonesia emas 2045.” Tutur Irma saat melakukan sesi sambutan di acara pembukaan.

“Sedangkan untuk SMA Sederajat sendiri agar kelak dapat menjadi mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik dengan menerapkan, mengembangkan, serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi itu sendiri.” Tambahnya.

Selain itu, pembina LKIM-PENA, Dian Pramana Putra, S.Pd., M.Pd. memberi semangat kepada para peserta sebelum berkompetisi.

“Lembaga LKIM-PENA adalah organisasi yang bergerak di bidang riset dan penalaran. Sehingga dalam kegiatan PIKIR ini juga adalah salah satu program kerja dalam menggapai pencapaian tersebut. Ini adalah salah satu hal dalam membudayakan para mahasiswa untuk melakukan riset-riset. Tetap semangat dalam berkompetisi. Fastabiqul Khaerat.” Tutur pria asal Polopo itu yang kini menjadi dosen di kampus Unismuh Makassar.

Selain peserta, kegiatan pembukaan PIKIR ini juga dihadiri oleh para tamu kehormatan, seperti perwakilan Dinas Pendidikan Sulsel, LLDIKTI, perwakilan Walikota Makassar, para pembina dan alumni LKIM-PENA, pengurus lembaga se-Unismuh Makassar, dan pihak sponsorship. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor Unismuh Makassar yang diwakili oleh Wakil Rektor IV Unismuh Makassar, Dr. H. Mawardi Pewangi, M.Pd.I. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *