TIM PKM UNM Memberikan Pelatihan Wirausaha Bagi Ibu Rumah Tangga & Remaja Perempuan Putus Sekolah, Seperti Ini Respon Para Peserta

Bagikan :

Barru, kananews.net – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat LP2M-UNM telah menggelar pengabdian kepada masyarakat (PPM) dengan tema PKM Pengembangan Kewirausahaan Petani Rumput Laut yang di gelar di Desa Lasitae Kabupaten Barru pada 27 hingga 28 Agustus 2022 kemarin. Pengabdian yang juga akan dilaksanakan di beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat ini melibatkan ibu rumah tangga dan remaja perempuan putus sekolah. Dalam sambutan pembukaan kegiatan PPM Terpadu secara serentak, Ketua LP2M Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, MT., IPU., mengungkapkan “kegiatan yang dilaksanakan Tim Dosen ini sebagai bentuk nyata dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Selain itu Kegiatan ini kami lakukan pula dengan inovasi dan kreatifitas sumber daya manusia yang berada di Universitas Negeri Makassar sebagai bentuk nyata pengabdian kepada Masyarakat”.

Dilain pihak ketua tim Dr. Firdaus W. Suhaeb, menyatakan dengan adanya pelatihan ini “Saya berharap kepada ibu-ibu rumah tangga para petani dan remaja perempuan putus sekolah agar mengembangkan pengetahuan dalam wadah kelompok wanita tani sebagai wirausaha di tingkat kelompok melalui pengolahan macam minuman dan makanan sehat yang berbahan dasar rumput laut”.

Selain dapat pula dihidangkan sebagai menu sehari-hari bagi keluarga, diharapkan pula agar nantinya dapat meningkatkan daya imun tubuh anggota keluarga dimasa kenormalan baru saat ini sambungnya.

Pada evaluasi hasil pelatihan, para peserta pelatihan mengungkapkan rasa puas karena dapat termotivasi untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengolah aneka macam penganan rumput laut, yang dapat dikembangkan menjadi peluang usaha baru untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

“saya merasa puas dengan adanya pelatihan ini karena termotivasi untuk lebih kreatif dalam mengolah aneka macam penganan rumput laut, yang dapat dikembangkan menjadi peluang usaha baru untuk meningkatkan pendapatan keluarga” ungkap salah satu peserta pelatihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.