Resmikan Ambalan Datuk Ribandang & Datuk Patimang, Seperti ini Harapan Para Pejuang Pramuka

Bagikan :

Makassar, kananews.net – Yayasan Pesantren Islam Datuk Ribandang (YPID) Unit Pelaksana Teknis (UPT) SMA Datuk Ribandang Makassar membuat gebrakan baru bagi peserta didik yang mana gebrakan baru itu melahirkan pramuka Penegak yang siap berkompetisi dalam perlombaan kepramukaan kedepan, sebagai tanda bahwa SMA Datuk Ribandang siap turut andil dalam event kepramukaan maka pihak sekolah menggelar perkemahan Sabtu-Minggu (PERSAMI) yang digelar di lingkup sekolah sejak Sabtu, 3 sampai Minggu, 4 Sebtember 2022 kemarin.

Dalam kegiatan ini turut hadir kepala sekolah SMA Datuk Ribandang Dr. Sitti Sakirah, S.Si, S.E. M.Si sekaligus ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan dan Saenal Habib, S.Pd. selaku Pembina dan Penegak.

Dr. Sitti Sakirah, S.Si, S.E. M.Si dalam sambutannya mengungkapkan: dalam kepramukaan itu tidak ada yang di panggil bapak atau ibu guru meskipun itu guru kita, semua bapak dan ibu guru dipanggil kakak, begitupun dengan bapak dan ibu guru harus memanggil peserta dengan sebutan adik-adik.

Beliau juga menjanjikan akan berkemah di luar lingkup sekolah dikegiatan mendatang.
“Insya Allah kedepannya kita bisa berkemah di luar lingkup sekolah dan membawa nama yayasan supaya kegiatannya ramai, pramuka merupakan ekstrakurikuler yang wajib mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA, sebagai pengurus pramuka harus bisa menjadi contoh yang baik bagi teman-temannya yang dimulai dari sikap, tingkah laku dan tutur kata yang baik dan bisa menjadi contoh oleh orang lain utamanya sesama teman. Saya berharap dengan adanya kegiatan seperti ini bisa memberikan aura positif kepada kita semua terkhusus SMA Datuk Ribandang”, ungkapnya.

“Saya berharap kepada pelatih dan Pembina, jika ada kegiatan pramuka di luar kita mulai ikutkan mereka untuk bertanding ungkap”, Dr. Sitti Sakirah, S.Si, S.E. M.Si Sebelum membuka PERSAMI secara resmi.

Dilain pihak Hairuwibowo selaku pemateri mengungkapkan: “diawal pelatihan ini saya hanya memberikan dasar-dasarnya saja sebagai langkah awal seperti Dasa Dharma, Tri Satya dan Semaphore, sedangkan siswa-siswi sangat antusias mendalami kepramukaan ini terbukti dengan mereka bersemangat mencari tahu tentang pramuka itu sendiri”.

Iya berharap kepada Ambalan Datuk Ribandang dan Datuk Patimang yang telah terbentuk agar banyak belajar, perbanyak motifasi dan jangan minder, sambungnya.

Dilain pihak Saenal Habib S.Pd. yang juga alumni SMA Datuk Ribandang mengungkapkan hal yang sama: “di masa saya sekolah di sini belum ada organisasi pramuka, nanti pergantian kepala sekolah baru saya diberikan amanah untuk latihan Kursus Mahir Dasar (KMD) sekolah penegak, ini merupakan angkatan pertama bagi Unit Pelaksana Teknis (UPT) SMA Datuk Ribandang dan langsung mengadakan PERSAMI, kami juga nekat mengadakan ini akibat peserta sangat antusias dalam latihan. Kami hanya 2-3 kali latihan mengenai pola dasar pramuka dan langsung menggelar PERSAMI ungkapnya”. Semoga Ambalan Datuk Ribandang dan Datuk Patimang UPT SMA Datuk Ribandang Makassar, terus menerus berjalan walaupun saya tidak ada di sini ada generasi yang bisa meneruskan perjuangan ini sehingga bisa dikenal di sekolah-sekolah lain”, imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.