Siswa MTs DDI Masamba Juara 1 Dalam Perlombaan Tradisional

BySang Pencerah

Agu 16, 2022
Bagikan :

Luwu Utara, kananews.net – Dalam rangka menyambut HUT RI Ke-77 Tingkat kabupaten Luwu Utaradi laksanakan sejumlah peratandingan Tradisional yang di kordinasi dinas pendidikan dan kebudayaan Senin (16/08/2022). Kamad MTs DDI Masamba Muhammad Zuljalali,  mendaftarkan siswanya dalam lomba tradisional yaitu Bakiak dan Engrang

Pada pukul 08.00 siswa sudah berada di lokasi pertandingan dengan penuh semangat yang di damping langsung oleh kesiswaan Sulastri, S.Pd dan beberapa guru lainnya. memberikan semangat, adapun lokasi pertandingan lomba Engkrang yang di laksanakan pada hari minggu yang ber alokasikan di Smp 1 Masamba sedangkan lomba Bakiak yang berlangsung dini hari di Lapangan Taman siswa masamba.

Balap bakiak juga populer menjadi lomba tradisional 17 Agustus. Ini termasuk permainan tradisional untuk lomba 17 Agustus yang unik.Bakiak merupakan sendal dari kayu yang digunakan untuk tiga orang atau lebih.

Cara bermain bakiak, yaitu kaki tiga orang atau lebih masuk ke pengait di sebuah papan panjang. Lalu setiap orang harus menggerakkan kaki dengan kompak agar bisa berjalan.

Sementara pada balap bakiak, setiap kelompok harus menjadi yang tercepat untuk sampai ke garis akhir.
“Ayo semangat Anak-anakku yakin kita bisa menang dalam perlombaan tradisional ini banggakan Madrasah kita” Ujar Sulastri memberikan semangat kepada siswa

Adapun nama- nama siswa yang mengikuti lomba Engrang tingkat Putra dan Putri yaitu tingkat Putra Muhammad Ikram Legas, Andika Saputra dan Muhammad Addan Sakur dan tingkat Putri Fira Abbatusauna, Ulfa dan Zainab.

Adapun Lomba Bakiak yaitu tingkat Putra, Addan, Rifak dan Hanafi . Kegiatan perlombaan ini di ikuti tingkat SD/MI, SMP/MTS sekecamatan masamba.
Egrang juga merupakan permainan tradisional untuk lomba 17 Agustus yang menggunakan kayu atau bambu, ada perbedaan cara bermain egrang dengan bakiak.

Bila bakiak dimainkan secara kelompok, permainan tradisional egrang justru individu.Untuk Di Masamba kabupaten Luwu Utara menyebut Engrang dengan bahasa khas luwu utara yaitu longga, yang sudah menjadi permainan yang popular dalam menyambut 17 Agustus.

Siswa berhasil membawa pulang juara1 tingkat putri dan putra lomba Bakiak dan juara 2 lomba Engrang tingkat putri.
Laporan Hasdir Anwar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *