Ikuti PKM Internasional, FAI Unismuh Utus 2 Mahasiswanya ke Filipina

Bagikan :

Makassar, kananews.net – Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengikuti Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Internasional di Davao, Filipina.

Kabarnya, pada PKM ini, ada 2 mahasiswa FAI menjadi wakil dari FAI Unismuh. Kedua mahasiswa yang diutus, yakni Ramlianto (Pendidikan Agama Islam) dan Sri Nurfadillah Syam (Pendidikan Bahasa Arab).

Kegiatan yang dinaungi Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) Unismuh Makassar ini akan berlangsung dari tanggal 4 Agustus hingga 4 September 2022 mendatang.

Elly Oscar selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang turut serta, mengaku bersyukur atas adanya PKM internasional ini.

“Ini kesempatan bagi mahasiswa untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan, termasuk kultur dan nilai nilai luhur bangsa, serta memperkenalkan Al Islam Kemuhammadiyahan di masyarakat Philipina,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Dekan FAI Unismuh Makassar, Dr Amirah Mawardi. Dia juga berterima kasih kepada pimpinan Universitas, khususnya LP3M yang memberi kepercayaan untuk mengutus mahasiswanya dalam PKM ini.

“Hal pokok yang menjadi poin penting bagi kami, yakni 2 orang mahasiswa FAI Unismuh Makassar menjadi duta kampus sekaligus duta fakultas bersama DPL yang sekaligus Wakil Dekan III FAI Unismuh,” tuturnya.

Amirah menjelaskan bahwa PKM ini merupakan pengejawantahan Al Qur’an surah Ar Rahman ayat 33.

“Manusia disuruh fantasyiru fil ardi, yakni berjalan melintasi langit dan bumi. Jangan hanya berkutat di kampus, tetapi melakukan perjalanan atau melihat kebesaran dan keberagaman budaya di belahan dunia, termasuk di negara Asia Tenggara ini, yakni Filipina,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa PKM Internasional menjadi rekognisi bagi DPL, sekaligus ajang pengabdian dosen berkolaborasi dengan mahasiswa (PKM Kolaboratif).

“PKM Kolaboratif ini bertaraf internasional. Jadi sekembalinya di tanah air, dosen sudah melakukan dan membuat satu poin penting ajang pengabdian dosen dan mahasiswa di luar negeri,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.