FLP UNM Adakan Seminar Kepenulisan, Bagikan Trik Jitu Menembus Media

Bagikan :

Makassar, kananews.net – Forum Lingkar Pena Ranting Universitas Negeri Makassar (FLP UNM) menggelar Seminar Kepenulisan dengan mengusung tema, “Berkarya dan Berprestasi Bersama FLP UNM”. Kegiatan tersebut digelar di Heroes Center Coworking Space & Cafe (Jalan Raya Pendidikan No.10, Tidung, Kecamatan Rappocini, Makassar). (Ahad, 17/07/2022).

Ada yang menarik dari Seminar Kepenulisan ini pasalnya panitia menghadirkan pembicara yang luar biasa di antaranya: Rahmat Budianto, S.E. (Penulis buku “Luka Paling Ikhlas”) dan Alfiqi Dwiva Annisi, S.Si. (Juara II Action Plan Competition – Nusantara Evironment protection).

Rahmat Budianto yang juga ketua FLP UNM periode 2020/2021 memberikan spirit kepenulisan kepada calon-calon kekasih FLP utamanya menulis di media lokal.

“Yang pertama Pelajari medianya terlebih dahulu, pelajari struktur tulisan yang sering dimuat pada media yang dituju, setelah itu cari topik yang ingin diangkat usahakan topik yang sedang tren dibicarakan, lalu mulai menulis. Perhatikan juga persenan data dan opini pribadi yang ingin dimasukkan dalam tulisan.”

Lebih lanjut ia mengungkapkan ketika tulisan itu tersendak di perjalanan maka hal yang paling baik, endapkan tulisan.

“Mulailah hal baru yang dapat menambah referensi. Misalnya membaca, mendengar musik atau mungkin jalan-jalan kecil, karena setiap orang memiliki ritual menemukan ide yang berbeda.” Ungkap pria asal Selayar itu.

Hal yang sama diungkapkan oleh Alfiqi Dwiva Annisi, S.Si.

“Hal yang pertama yang mesti lakukan saat menulis nonfiksi di antaranya: Menentukan Topik atau Tema Penelitian, cara ini sangat penting karena topik merupakan inti dari semua isi tulisan yang akan disampaikan kepada para khalayak.” Tegasnya.

Di akhir dari kegiatan, panitia membagikan doorprize bagi peserta yang beruntung dan ditutup dengan foto bersama. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.