Aliansi Jaringan Nasional Indonesia Tolak Provokasi Separatis dan Himbau Dukung Otsus Jilid 2 Di Tanah Papua

Bagikan :

Makassar, kananews.net – Berlangsung Aksi Unjuk Rasa di Kota Makassar sekitar 100 orang dari Aliansi Jaringan Nasional Indonesia (AJN) yang dipimpin oleh Ejan Escobar (Jendlap) menolak segala bentuk provokasi yang dilakukan separatis papua terkait penolakan DOB dan Otus jilid 2 di tanah papua, Jumat 01/06/2022.

Aksi yang digelar berlangsung di bundaran pertigaan jalan AP Pettarani makassar bertujuan untuk mengingatkan mahasiswa papua kota studi makassar agar sekiranya tidak terprovokasi dengan aliansi yang menolak Otsus jilid 2 dan DOB karena mereka berupaya untuk memprovokasi mahasiswa papua yang sedang berada dikota makassar.

Kordinator aliansi Ejan Escobar menyatakan bahwa aksi ini dilakukan sebagai bentuk tindakan kepedulian para pemuda dalam pemerataan pembangunan di Papua. Menurutnya, perlu adanya pemekaran agar masalah ekonomi yang tengah terjadi di tanah Papua segera terselesaikan.

“Kami mengajak teman-teman mahasiswa dan masyarakat se-tanah Papua untuk bersama-sama hadir dan menyuarakan semangat kemajuan,” katanya

Terpisah Denis Cambu salah satu mahasiswa papua kota studi makassar sangat menyesalkan aksi yang dilakukan sekelompok orang yang mengatasnamakan mahasiswa papua dimakassar dalam hal Ini AMP dan KNPB yang notabene adalah bentukan separatis

“Saya juga sekolah dapat beasiswa pendidikan dari pemerintah, jadi saya merasa bersyukur kepada pemerintah yang membantu saya secara pribadi untuk mengejar masa depan. Apalagi orang tua saya kurang mampu,” kata Denis

Apalagi kata Denis Cambu, sejauh ini kualitas pendidikan di Papua masih sangat kurang begitu juga dengan akses bantuan pendidikan kepada mereka, sehingga perlu ada keseriusan dari pemerintah untuk menyikapinya.

“Pendidikan Papua masih kurang, jadi perlu ditingkatkan, sehingga SDM (sumber daya manusia -red) Papua itu meningkat dan bisa bersaing dengan daerah lain,” jelasnya.

Oleh karena itu, Denis Cambu menyatakan mendukung pemerintah untuk melanjutkan program otonomi khusus Papua dan terbentuknya DOB menjadi 5 Provinsi. Karena dengan program itu, banyak anak-anak Papua yang bisa mengakses bantuan berupa beasiswa pendidikan untuk meningkatkan kualitas diri mereka masing-masing, khususnya untuk bersiap menghadapi tantangan kehidupan dimasa yang akan datang.

Aksi Unjuk rasa yang berlangsung di makassar diakhiri dengan pernyataan sikap Aliansi Jaringan Nasional Antara lain:

a. Menolak segala bentuk provokasi gerakan separatis Papua yang ingin memisahkan diri dari NKRI.
b. Mendukung segala kebijakan Pemerintah dalam rangka membangun dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Papua.
c. Otsus Jilid II sebagai solusi mutlak yang harus dijalankan guna membangun Tanah Papua.
d. Mendukung pembentukan DOB di tanah Papua (Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan) untuk memajukan kesejahteraan Orang Asli Papua, terutama dalam pemerataan pembangunan bagi masyarakat di pegunungan dan daerah terpencil.
e. Mendesak Pemerintah melakukan konsolidasi dengan masyarakat Papua dan segera merealisasikan pasca di sahkannya pembentukan DOB Papua. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.