Selain Reuni, SMPM Akan Gelar ‘Bentrok Pertunjukan’ di Milad ke-44

ByAdmin Kana

Mei 17, 2022
Bagikan :

Makassar, kananews.net – Sanggar merah putih Makassar (SMPM) berdiri sejak 1978 akan menggelar agenda Milad ke-44 dan reuni di “Rumah Kecil” Antang, Makassar pada Rabu (25/05/2022 mendatang.

Diketahui sejak kelahirannya, SMPM secara rutin mengadakan kadernisasi yang bentuknya semacam traning bernama latar seni (latihan dasar kesenian).

Kegiatan rutinitas tersebut diselenggarakan sekali dalam setahun atau dua dua tahun. pada kegiatan semacam itulah SMPM merekrut anggota secara selektif. Hingga kini tercatat SMPM memiliki anggota kurang lebih ratusan orang. Dan telah melahirkan seniman-seniman handal tingkat nasional bahkan internasional.

SMPM dalam melakukan kreativitasnya biasanya lebih memilih tema-tema yang merebak di masyarakat pada zamannya. Aktivitas di bidang kebudayaan adalah penelitian masalah kesenian baik seni tradisi maupun seni modern.

Selain aktif menyelenggarakan pertunjukan teater, tari, dan musik, organisasi ini lebih memprioritaskan aktivitasnya di bidang pertunjukan teater, penelitian, dan penerbitan.

Dalam memasuki usianya yang ke 44 tahun, SMPM telah dipimpin secara estafet oleh beberapa ketuaa. Antara lain, Yudhistira skt (pendiri), Nasran mone, Arman Dewarti, Ilham Latief, Ridwan Aco, Andri Prakarsa, Djamal Dilaga, A. Noval Makmur, Agus Linting, dan Irwan AR.

Rapat pemantapan reuni.

Pada perayaan 44 tahun ini, SMPM mencoba membagi dua sesi kegiatan. Kabarnya, pada sore hari mulai pukul 15.30 Wita Reuni keluarga besar Sanggar Merah Putih Makassar dengan harapan hadir semua anggota yang ada di berbagai daerah di negeri tercinta ini. Ada di Jakarta, Kalimatan , Ternate, toli-toli, Gorontalo, Surabaya, Bandung. Dll.

Sementara itu, malam harinya kegiatan pertunjukan kesenian, pertunjukan musik, tari, pembacaan karya sastra. Selain itu, juga ada bincang seni yang dimeriahkan oleh kelompok kesenian maupun seniman perorangan Makassar yang punya jaringan dengan SMPM.

Koordinator kegiatan Milad, Ale Depp membocorkan, yang akan memeriahkan acara keren ini antara lain UKM Seni Sangdipa universitas Dipanegara, Sanggar Seni eSa UIN Alauddin Makassar, Wawan Mattaliu, Maysir, Damar Imanakku, dll.

“Kegiatan ini dilaksanakan di tempat yang sederhana dan alami RUMAH KECIL,” kata Djamal Dilaga salah satu mantan ketua umum SMPM (2006-2009).

Djamal mengajak seluruh keluarga besar SMPM untuk datang tuntaskan dendam rindu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *