OTKP SMKN 1 Gowa Gandeng Prodi PAP UNM dalam Pelaksanaan UKK

Bagikan :

Gowa, kananews.net – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Gowa melaksanakan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) Tahun Pelajaran 2021/2022 secara serentak terhadap seluruh Program Keahlian yang ada. Salah satu dari beberapa Program Keahlian dimaksud adalah Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP).

Dalam pelaksanaannya, SMK Negeri 1 Gowa menggandeng Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Ilmu Administrasi (JIA) Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) Universitas Negeri Makassar (UNM) sebagai penguji eksternal, sekaligus ini menjadi kerjasama untuk pertama kalinya dalam pelaksanaan Uji Kompetensi. UKK ini sendiri dilaksanakan di Kelas dan Laboratorium SMK Negeri 1 Gowa, Jl. Pramuka No. 3 Limbung Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Kegiatan UKK ini diikuti oleh 57 siswa kelas XII.

Keikutsertaan siswa pada UKK ini tentu merupakan suatu hal yang sangat penting mengingat hasil dari Ujian Kompetensi ini akan menjadi salah satu syarat bagi siswa untuk mengikuti Ujian Nasional nantinya.

Paket yang diujikan dalam UKK kali ini adalah Agenda Kerja Kegiatan Pimpinan, yang terdiri dari beberapa mata ujian. Seperti, menyusun agenda kerja pimpinan, menyusun jadwal kegiatan pimpinan, dan menyusun agenda perjalanan dinas pimpinan
Uji Kompetensi ini dibagi menjadi dua tahapan, yakni ujian eksternal dan internal.

Ujian eksternal dilaksanakan pada Rabu (30/3) dan ujian internal telah dilaksanakan pada (21/3) lalu. Penguji eksternal sendiri melibatkan 2 (dua) orang dosen PAP JIA FIS-H UNM, Muhammad Darwis dan Nazaruddin H.

Sementara itu, ujian internal yang telah dilaksanakan sebelumnya diuji langsung oleh guru-guru OTKP SMK Negeri 1 Gowa Kabupaten Gowa, antara lain, Dra. Hj. Bunga Tubu, Muchlis Jufri, Drs. Muh. Ali Bakri, Muh. Said, Dra. Sakriani, Imantang, Hj. Nurliah, dan Ramlah.

Muhammad Darwis, sebagai KPS PAP JIA FIS-H UNM mengatakan, Pelaksanaan UKK ini bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa studi di SMK. Hal ini dilakukan dengan maksud untuk melihat keterampilan dan kompetensi calon lulusan sekaligus untuk memastikan bahwa mereka betul betul memiliki kemampuan atau keterampilan yang siap kerja dan siap pakai pada lapangan kerja.

“Sementara itu, kegiatan ini dan keterlibatan dosen PAP JIA FISH UNM sebagai penguji eksternal dalam UKK ini menjadi nilai tambah tersendiri pada dua institusi, baik sekolah maupun program studi PAP sebagai bentuk ketercapaian indikator kinerja dalam hal dosen berkegiatan di luar kampus dan pelibatan pihak eksternal dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan di sekolah,” lanjutnya.

Dra. Hj. Bunga Tubu, selaku Ketua Program Keahlian OTKP beserta seluruh guru-guru OTKP SMK Negeri 1 Gowa dan didukung oleh Drs. Imanuddin Djaya, selaku Kepala Sekolah sangat berharap kerjasama ini terus berlanjut, bahkan bukan hanya sebatas pelaksanaan uji kompetensi kejuruan, tetapi jika memungkinkan juga pada kegiatan-kegiatan lain, seperti kegiatan pembelajaran, penelitian, pengabdian, pelatihan, dan kegiatan-kegiatan lainnya, baik bagi siswa maupun bagi guru-guru. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.