Keberkahan

Bagikan :

 

 

 

kananews.net – Allah SWT berfirman :

وَلَوْ اَنَّ اَهْلَ الْقُرٰٓى اٰمَنُوْا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ وَلٰكِنْ كَذَّبُوْا فَاَخَذْنٰهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ

Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan. (Al A’raf 96)

Dalam bahasa Arab, barokah atau berkah adalah berkembangnya atau bermakna bertambah sesuatu. Sedangkan makna berkah dalam Al-Qur’an dan hadis adalah langgengnya kebaikan, kadang bertambah kebaikan, atau bisa kedua-duanya.

Menurut Imam Al-Ghazali, berkah adalah bertambahnya kebaikan. Sementara para ulama mendefinisikan berkah sebagai segala sesuatu yang banyak dan melimpah, meliputi berkah secara material dan spiritual, seperti kesehatan, ketenangan, keamanan, harta, usia, dan anak. Jadi, pada intinya berkah adalah langgengnya kebaikan atau bertambahnya kebaikan.

Takwa

Salah satu cara  mudah mendapatkan keberkahan hidup adalah dengan bertakwa. Bagi sebagian orang beranggapan takwa masih bersifat abstrak, namun dalam praktiknya bertakwa bisa dilakukan dengan bersedekah, mengontrol amarah, dan memaafkan kesalahan orang lain.

Salat

Salat merupakan manifestasi iman paling dasar untuk seorang mukmin yang menunjukkan ketakwaan terhadap Allah SWT. Secara medis, gerakan salat dapat memberikan dampak yang baik untuk kesehatan tubuh. Sedangkan, secara spiritual salat merupakan jembatan untuk berkomunikasi para hamba dengan Allah. Selain itu, dengan melakukan salat, rezeki dalam kehidupan akan dilapangkan.

Sedekah

Pada hakikatnya, bersedekah adalah cara lain untuk menambah kebaikan dalam hidup. Bersedekah tidak akan mengurangi harta, namun jalan untuk mendapatkan rezeki yang berlipat ganda. Allah SWT. menjanjikan balasan bagi yang sering berinfak dan bersedekah sampai 700 kali lipat. Syaratnya hanyalah keikhlasan demi mengharapkan rida-Nya

Memberi Maaf

Cara terakhir untuk menjadi berkah adalah dengan memberi maaf. Manusia tidak luput dari kesalahan. Kadang ucapan bisa mengakibatkan sakit hati dan mengakibatkan dendam. Memberi maaf merupakan cara yang ampuh agar hidup lebih tenang dan lapang

Berkah adalah bertambahnya kebaikan. Jadilah orang bertakwa dengan melakukan salat, bersedekah, dan mampu memaafkan kesalahan orang lain.

(Source: www.konsultasisyariah.co.id, www.penaberlian.com, www.blog.kitabisa.com)

والله اعلم بالصواب
Mari istiqomah dalam beribadah.

 

U_IBE’ LAPATONGAI

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.