Syaiful Saleh Ungkap Strategi Jitu Sambut Ramadan 1443 Hijriah

Bagikan :

Makassar, kananews.net – Ikatan tunanetra muslim Indonesia (ITMI) kembali menggelar kajian rutin di Musholla Tarbiatul Ittihadul Umma pada Selasa 12 Sya’ban 1443 Hijriah/15 Maret 2022, Jalan Kapten Piere Tendean Blok M No.7 Makassar.
Dengan tema, “Strategi Dalam Menyambut Bulan Suci Ramadan.”

Kegiatan ini terselenggara atas dukungan dari berbagai pihak diantaranya: Yayasan Pembinaan Tunanetra Indonesia (YAPTI), Jariyah Grup dan pemerhati lainya.
Dalam kajian rutin ini ada yang berbeda dibanding kajian-kajian sebelumnya, pasalnya panitia pelaksana menghadirkan Dr. Ir. H. Muhammad Syaiful Saleh, M.Si yang juga Ketua Umum Yayasan Pembinaan Tunannetra Indonesia (YAPTI) sekaligus Ketua Dewan Pengawas Rumah Sakit Muhammadiyah Makassar.

Kegiatan ini dihadiri dari berbagai Organisasi diantaranya Sahabat Netra dan Dewan Pengurus Cabang Persatuan Tunanetra Indonesia (DPC PERTUNI) Makassar.

Pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan-sambutan dan Ceramah Agama menjadi rangkaian pada kegiatan ini.

Sementara itu Ketua Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Hamzah M. Yamin mengungkapkan “Kegiatan kita ini sejak tahun 1999 sampai 2007 disaat itu kami bekerja sama dengan Ikatan Remaja Muhammadiyah (IRM) namun sempat terkendala karena berbagai kesibukan teman-teman 2013, Kami memulai kembali bersama dengan ITMI dan binaan YAPTI setelah sekian lama berjalan, diawal 2020 kegiatan ini terhenti akibat corona, memasuki 2021 sampai saat ini kajian rutin ini bisa terselenggara dari berbagai Swadaya Alumni dan Support Jariyah Grup.”

Menutup sambutanya Hamzah M. Yamin berharap kajian rutin ini bisa diadakan dalam bulan suci Ramadhan bersama dengan Ketua Umum Yayasan Pembinaan Tunanetra Indonesia.

Sementara itu Dr. Ir. H. Muhammad Syaiful Saleh, M.Si dalam Tausiahnya menekankan untuk menyelesaikan sangkutan puasanya sebelum masuk Ramadhan.

Lebih lanjut Ia menegaskan, “Di dalam Ramadan nanti diusahakan Khatam 30 Juz paling sedikit 2 kali Khatam karena bulan Ramadhan dikenal bulan Nuzulul Qur’an (Bulan Turunnya Al-Qur’an), untuk memudahkan Khatam kita lihat dulu ayatnya, jika ayat-ayat pendek bisa kita selesaikan sekitar 40 sampai 50 ayat ketika ayat-ayat panjang maka itu bisa diselesaikan sekitar 30 sampai 40 ayat.”
Tutur Pengurus Muhammadiyah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.