HMJ PAI Unismuh Makassar Gelar Pelatihan Da’i, Salah Satu Pesertanya Anggota TNI

Bagikan :

Makassar, kananews.net – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar periode 2021-2022 menggelar kegiatan Pelatihan Da’i di Minihall lt. 8 Menara Iqra Unismuh Makassar pada Ahad-Senin, 27-28 Februari 2022.

Kegiatan ini merupakan serangkaian program kerja dari bidang keagamaan HMJ-PAI. Pada acara ini, pengurus mengusung tema “Membangun Generasi Rabbani dalam Pengembangan Peradaban Islam di era 5.0”. Diikuti oleh 33 Mahasiswa yang merupakan delegasi dari masing-masing prodi seFAI Unnismuh, kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Jurusan Pendidikan Agama Islam.

Menariknya, salah satu peserta Pelatihan Da’i adalah seorang Tentara Angkatan Darat (AD), beliau merupakan Syamsuddin (46), mahasiswa semester 1 PAI Unismuh Makassar.

“Umur bukan menjadi masalah untuk saya berhenti menuntut ilmu, rasa keingintahuan saya tentang ilmu Pendidikan Islam harus tercapai dengan cara mengikuti forum-forum seperti ini, dan untuk mengaplikasikan ilmu nya maka saya ingin menjadi seorang Da’i”, tutur Syamsuddin.

Dokumentasi Kegiatan.

Pada kegiatan kali ini peserta Pelatihan Da’i disuguhkan empat materi. Di antaranya, Pelatihan Pembuatan Naskah Ceramah, Akhlak Da’i, Dakwah Media Sosial, dan Strategi Dakwah Milenial. Materi ini dikupas tuntas oleh ustaz Abdul Fattah, Fauzan Basri, Hadi Saputra, dan Ilham Patangai.

“Kegiatan dakwah menjadi hal yang sangat mendasar dalam Islam. Bagaimana tidak, tanpa dakwah maka ajaran Islam tidak akan sampai dan dipahami oleh umat manusia,” ujar Ulil Amri, Ketua Umum (Ketum) HMJ PAI.

Lanjutnya, selain alasan tersebut, Islam juga senantisa mendorong umatnya untuk berbuat kebaikan. Sekaligus mengajak orang lain agar menjadi insan yang baik, berakhlak dan berpengetahuan. Maka sangat relevan jika Islam disebut sebagai Agama dakwah. Dengan demikian, antara Islam dan dakwah merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, tutur Kakanda Hadi Saputra dalam membawakan materinya.

“HMJ-PAI mengadakan Pelatihan ini dengan tujuan agar Peserta Lomba Da’i-Da’iyah dapat memahami dan mengerti perihal-perihal yang perlu dipersiapkan untuk Lomba Da’i-Da’iyah, dan sebagai pengetahuan untuk para Peserta saat terjun langsung di lingkungan masyarakat dalam mensyiarkan Dakwah Islam. Apalagi sekarang kita sudah hampir memasuki bulan suci Ramadhan, maka dengan adanya kegiatan ini dapat sangat bermanfaat bagi peserta yang ingin berdakwah pada saat bulan suci Ramadhan di kampung masing-masing”, tutup peuda asal Bulukumba itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.