Calon Mahasiswa Wajib Tahu, Berikut Cara Pilih Prodi SNMPTN 2022

Bagikan :

Jakarta, kananews.net – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 telah resmi dibuka sejak Senin (14/2) lalu. Pendaftaran akan terus dibuka hingga 28 Februari mendatang.
Saat mendaftar, siswa/siswi dipersilakan untuk memilih program studi (prodi) pilihan di masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Berikut cara memilih prodi SNMPTN 2022.

SNMPTN 2022 sendiri bisa diikuti oleh seluruh siswa/siswi kelas XII yang memiliki akun LTMPT permanen dan terdaftar dalam Portal Data Sekolah dan Siswa. Lewat SNMPTN, siswa/siswi dapat mendaftar di PTN favorit masing-masing. Siswa juga dipersilakan untuk memilih prodi yang dituju.

Siswa baru dapat memilih prodi yang diinginkan setelah peserta menyimpan permanen akun LNMPT. Hanya saja, tak semua prodi bisa dipilih oleh siswa. Beberapa prodi tampil dalam mode redup (dim) dan tidak dapat dipilih.

Manajer SNMPTN 2022, Riza Satria Perdana mengatakan, mode ini berlaku pada prodi yang syarat jurusannya tidak sesuai dengan jurusan siswa di sekolah.

“Itu artinya, program studi tersebut tidak boleh dipilih oleh adik-adik, karena mungkin jurusan dari sekolahnya tidak sesuai,” ujar Riza, dalam Sosialisasi Mekanisme Pendaftaran SNMPTN 2022 di kanal YouTube LTMPT, Minggu (13/2).

Dilansir kananews.net dari cnnindonesia.com, berikut cara memilih prodi SNMPTN 2022:

1. Log in akun LTMPT
Sebelum memilih prodi, siswa diharuskan untuk log in terlebih dahulu ke akun LTMPT masing-masing. Akses laman https://snmptn.ltmpt.ac.id dan log in sesuai dengan email serta password yang terdaftar. Setelah berhasil masuk, ketuk menu ‘Pilihan’ untuk masuk ke halaman ‘Pilihan Prodi’.

2. Pilih PTN yang dituju
Pada laman berikutnya, siswa akan diminta untuk memilih PTN yang dituju. Daftar ini akan muncul di samping kiri halaman. Ada sekitar 74 PTN yang terdaftar dalam SNMPTN 2022. Ada pula sekitar 11 PTKIN dan 39 Politeknik khusus sarjana terapan.

2. Pilih program studi (prodi)

Setelah memilih PTN, siswa dapat memilih prodi yang diinginkan. Pilihan prodi akan muncul pada samping kanan halaman. Siswa boleh mendaftar ke dua prodi di dua PTN yang berbeda. Namun, dengan catatan, salah satu PTN yang dipilih harus berada di provinsi yang sama dengan lokasi SMA.

Sementara jika hanya mengambil satu prodi, maka siswa bebas memilih PTN manapun. Selain itu, jika syarat jurusan siswa tidak terpenuhi, maka prodi tidak dapat dipilih. Untuk itu, siswa disarankan untuk memilih prodi yang sesuai dengan jurusan di SMA.

3. Cek keperluan portfolio
Pada kolom prodi, siswa juga disarankan untuk mengecek apakah prodi yang dipilih membutuhkan portfolio atau tidak. Perlu diketahui, beberapa prodi membutuhkan dilampirkannya portfolio terkait. Lebih lanjut mengenai panduan portfolio bisa dilihat di menu ‘Unduhan’ pada laman https://ltmpt.ac.id/.

4. Simpan pilihan
Jika prodi telah rampung dipilih, maka ketuk ‘Simpan Semua Pilihan’ di tombol biru di kanan atas. Jika prodi tak membutuhkan portfolio, maka ketuk ‘Simpan’. Namun, siswa juga diperbolehkan jika ingin menghapus salah satu prodi pilihan. Caranya dengan mengetuk opsi ‘Hapus Pilihan 2’.

Demikian cara memilih prodi SNMPTN 2022. Semoga membantu, tetap semangat para bibit bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.