Prof. Yusran Yusuf, Jadi Kandidat Kuat Pimpin IKA Unhas

Bagikan :

kananews.net-Makassar — Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin akan segera digelar. Salah satu agenda yang dinanti dalam Mubes IKA Unhas adalah pemilihan Ketua IKA Unhas.

Saat ini telah ramai disebutkan nama-nama yang diisukan akan maju sebagai calon ketua IKA Unhas. Salah satu figur yang diisukan akan maju adalah Prof. Dr. Ir Yusran Yusuf, M.Si. I.P.U.

Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin Periode 2015-2019 tersebut dinilai sebagai kandidat kuat calon Ketua IKA Unhas dari sektor Agrokompleks.

Penilaian tersebut tidak lain datang berkat karir cemerlang Prof Yusran di dunia kampus maupun di luar kampus. Pria kelahiran Maros tersebut terbilang sukses baik di dalam maupun diluar kampus.

Pengalamannya dikampus telah diwarnai dengan berbagai jabatan strategis. Dimulai dari sekretaris Tim Pengelola Hutan Pendidikan Unhas, Sekretaris Jurusan Kehutanan, Wakil Dekan II Fakultas Kehutanan, anggota Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan Unhas, Tim Penilai Angka Kredit Dosen, Anggota Panitia Pertimbangan Calon Rektor Unhas, dan anggota Senat Universitas Hasanuddin. Hingga pada akhirnya terpilih menjadi Dekan Fakultas Kehutanan Unhas Periode 2015-2019.

Selama menjabat sebagai Dekan Fakultas Kehutanan, Prof Yusran mampu membawa Kehutanan terakreditasi A bahkan terakreditasi internasional yang awalnya hanya terakreditasi B. Bukan hanya itu, dalam periode yang sama di Fakultas Kehutanan juga lahir Jurnal Forest and Society yang saat ini sudah mencapai indeksasi tertinggi di level internasional yakni Scopus Q1.

Di luar kampus, Prof Yusran pernah menjabat sebagai Ketua Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan Sulawesi Selatan. Dia juga sempat dipercaya untuk menjadi Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulawesi Selatan.

Karirnya tidak hanya berhenti disitu, pada tahun 2020 Prof Yusran dipilih sebagai Pejabat Walikota Makassar. Saat ini Alumni Unhas tahun 1989 tersebut kini berlanjut dan dipercaya sebagai Tim Ahli Walikota Makassar.

Pada level nasional, beliau juga dikenal sebagai anggota Dewan Kehutanan Nasional (DKN) dari kamar akademisi.

Capaian karir ini membuat nama Prof Yusran digadang-gadang menjadi kandidat kuat calon ketua IKA Unhas khususnya dari sektor agrokompleks.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, Mubes IKA Unhas akan dilaksanakan pada tangga 4-6 Maret 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.