Hindari Learning Loss, MTsN Soppeng Siapkan Pembelajaran Digital

Bagikan :

Soppeng, kananews.net – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim mengungkapkan, pembelajaran jarak jauh atau belajar online bakal menghasilkan anak-anak yang learning loss.(tempo.com).

Menyikapi kondisi tersebut, Madrasah Tsanawiyah negeri Soppeng terus mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan senantiasa. Salah satu upaya yang dilakukan oleh para pendidik di MTsN Soppeng Sulawesi Selatan adalah melakukan inovasi pembelajaran yang dapat mengembalikan semangat dan minat belajar siswa. Langkah ini dilakukan untuk menyiapkan pembelajaran berbasis digital dalam pembelajaran tatap muka terbatas.

Dokumentasi kegiatan.

Pelatihan demi pelatihan dilakukan kepada pendidik agar kualitas dan kompetensi, khususnya di bidang IT terus meningkat. Sharing, kolaborasi dan saling bekerjasama dalam memajukan pengetahuan IT di tengah-tengah para pendidik MTsN SOPPENG juga sangat penting agar terjadi pembelajaran yang lebih maksimal, kreatif, inovatif dan berbasis Digital.

Pelatihan ini juga bertujuan untuk menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0 dan ke depannya era society 5.0, di mana pengetahuan dan kemajuan teknologi semakin canggih. Oleh sebab itu, para pendidik harus senantiasa mengupgrade diri dan pengetahuannya agar bisa terus up to date mengikuti zaman sebagai wujud dalam memberikan dedikasi yang terbaik kepada peserta didik.

Sebagaimana perkataan dari Ali bin Abi Thalib yang sering di dengar bahwa “didiklah anakmu sesuai dengan zamannya”. Oleh sebab itulah sebagai orang tua/guru sangat penting untuk memahami perkembangan teknologi informasi kini.

Maka Pelatihan IT akan terus dilakukan dengan ragam materi yang dibutuhkan untuk proses Pembelajaran yang nantinya diberikan kepada siswa agar bisa lebih menarik dan disenangi sehingga pelajaran lebih mudah diterima dan dimengerti.

Ibu Siliwarni Karim, S.Pd.,M.Pd selaku kepala Madrasah Tsanawiyah Soppeng sangat mensuport kegiatan ini.

“Kedepannya pembelajaran maupun administrasi di sekolah sedikit banyaknya akan didominasi oleh teknologi. Oleh karena itu, kita semua harus berupaya dan memaksimalkan diri untuk mempersiapkan diri menghadapi perkembangan teknologi informasi yang semakin maju ini,” ujarnya pada saat rapat koordinasi.

Selain itu, salah satu program unggulan dari MTsN Soppeng adalah pembelajaran dengan berbasis TV Smart. Pembelajaran berbasis IT semakin disenangi peserta didik. Berbagai upaya dan media pembelajaran yang diberikan. Mulai dari game edukasi, Aplikasi pembelajaran yang beragam dan menarik serta kuiz/evaluasi yang berbau kemajuan teknologi. Hal ini menjadi upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kembali kualitas belajar siswa akibat learning loss yang dialami selama pandemi.

Harapannya pelatihan-pelatihan TIK bisa terus berlanjut dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk mendapatkan hasil yang lebih baik demi tujuan yang sama, yakni sebagai upaya untuk memberikan pendidikan terbaik kepada generasi muda.

(Syamsam,S.S.,M.Si. (Tim Humas MTsN SOPPENG/Guru MtsN Soppeng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *