Dari Masjid Umat Bangkit

ByAdmin Kana

Jan 27, 2022
Sumber gambar: WhatsApp
Bagikan :

Oleh: Ustaz Mas’udi Baharuddin (Direktur PPM MBS Prambanan Klaten)

Makassar, kananews.net – Sore ini Saya diamanahi membawakan Kajian Tafsir Al-Qur’an di Masjid Muslim United (MU) Yogyakarta, suatu masjid dengan beranekaragam kegiatan yang padat. Durasi kajian Saya bawakan ba’da asar sampai jelang buka puasa bersama.

Sambil menunggu azan magrib Saya banyak ngobrol dengan Mas Hanafi Rais (Putranya Pak Amien Rais). Di tengah kesibukan yang padat, Beliau masih punya waktu untuk hadir di kajian-kajian, bahkan hari Ahad nanti Beliau juga ikut kelas Qawa’id Bahasa Arab (tata bahasa Arab/ nahwu-saraf).

Selepas salat magrib, kami kembali ngobrol sambil makan bersama di ruang tamu Masjid MU. Obrolannya mulai tentang Muhammadiyah, kesibukan masing-masing, politik, gerakan Islam, dakwah, kajian, pendidikan di Budi Mulia, MBS, hingga urusan sepakbola.

Beliau lantas menyampaikan kepada Saya untuk turut serta dalam rencana kegiatan upgrade guru-guru di Budi Mulia, suatu lembaga pendidikan yang Beliau kelola dan memiliki cabang di luar kota Jogja.

Beberapa saat kemudian kami sempat melihat-lihat barang-barang persiapan kegiatan Pasar Gratis besok pagi di Masjid MU. Setiap Jum’at pagi, Masjid MU mengucurkan dana jutaan rupiah untuk program ini. Konsepnya, setiap pengunjung diberi masing-masing satu kantung untuk diisi penuh sesuai kebutuhan, semuanya gratis.

Setiap pekan, Masjid MU juga ada program “Tetangga Baik” yang kegiatannya adalah membagikan parcel kepada tetangga sekitar masjid, kantor kelurahan, kantor kecamatan, juga kantor kepolisian.

Buat rekan-rekan aktivis dakwah, Masjid MU sangat layak untuk dijadikan role model bagi pemberdayaan masjid. Masjid ini kaya akan kegiatan yang kreatif, inovatif, fresh, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk membangkitkan umat sebagaimana prinsip dasarnya: “Dari Masjid, Umat Bangkit.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *