Sambut 55 Tahun PERTUNI, Pengurus Baru Gelar Tudang Sipulung

Bagikan :

Makassar, kananews.net –Dewan Pengurus Daerah Persatuan Tunanetra Indonesia Sulawesi Selatan (DPD PERTUNI SULSEL) yang berkiprah sekitar 1984 dalam hal pendidikan dan Advokasi bagi Disabilitas telah mengadakan MUSDA (Musyawarah Daerah) pada 27-28 November 2021 yang lalu.

Dari hasil musyawarah itu maka Yoga Indar Dewa yang terpilih menahkodai DPD PERTUNI SULSEL periode 2021/2026, untuk mengawali program kerja DPD PERTUNI para pengurus menggelar Tudang Sipulung yang dirangkaikan dengan HUT PERTUNI ke-55 tahun, sebagai jalan untuk menyuarakan aspirasi penyadang disabilitas netra.

Kegiatan tersebut diadakan secara Daring & Luring di Gedung serba guna YAPTI Jalan Kapten Piere Tendean Blok M No.7 Makassar, pada Ahad 9 Januari 2022.

Diketahui, susunan kegiatan antara lain, sambutan-sambutan, penampilan video perkenalan diri dan struktural Kepengurusan DPD PERTUNI 2021/2026 terakhir A’bicara/sesi diskusi dan di akhiri dengan saran untuk kemajuan Pertuni kedepannya.

Sementara itu Yoga selaku Ketua PERTUNI dalam sambutanya mengungkapkan, untuk di periode saat ini banyak anak-anak muda di Sulawesi Selatan yang bisa digali potensinya untuk bergerak bersama, maka di hari ini dan seterusnya izinkan kami sebagai anak muda untuk menjadi baris terdepan dalam hal menyuarakan hak-hak disabilitas terkhusus disabilitas netra.

“Untuk itu kami perlu arahan dari kakak-kakak senior untuk selalu memberikan kami motifasi dalam hal pergerakan isu-isu disabilitas,” ujarnya.

“Olehnya itu dengan adanya tudang sipulung ini kami dari pengurus berharap bisa merangkul kakak-kakak dan adik-adik untuk bergerak bersama ini sebagai simbol PERTUNI punya kita semua, PERTUNI punyanya tunanetra, PERTUNI bukan punya lembaga dan bukan punya sekelompok orang,” tuturnya.

Hal senada juga yang di ungkapkan oleh Hamzah M. Yamin selaku ketua PERTUNI periode 2006/2011. Kata dia, yang perlu kita benahi dari segi struktural adalah saling keterbukaan antara sesama pengurus dan administrasi lembaga.

Diakhir kegiatan ini ditutup dengan sesi maaf-maafan antara sesama pengurus dan tamu undangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.