Pentingnya Bangun Brand Bisnis yang Unik

Bagikan :

kananews.net-Artikel–Istilah brand dan logo sering digunakan dalam dunia bisnis sebagai strategi menuju pengembangan identitas produk yang kuat. Logo yang dijadikan sebagai simbol sebuah bisnis, sedangkan brand telah berkembang mencakup lebih dari sekadar nama atau simbol. Membangun brand bisnis yang unik dikatakan cukup penting karena menjadi bagian dari kegiatan marketing.

Branding bisnis sejak awal adalah salah satu hal mendasar yang harus dilakukan untuk perkembangan usaha dalam jangka panjang. Hal tersebut juga dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kredibelitas merek produk.

Apa Itu Brand Bisnis?

Awalnya, istilah “brand” merujuk pada tanda yang “dicap” oleh perusahaan pada produk mereka. Namun, gagasan tentang “brand” saat ini telah berkembang  mencakup lebih dari sekadar nama atau simbol.

Brand adalah fitur-fitur yang membedakan produk satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Sebuah merek biasanya terdiri dari nama, tagline, logo atau simbol, desain, suara merek, dan banyak lagi.

Istilah brand kemudian meluas sebagai aspek pencitraan merek produk yang berfokus pada kepribadian merek bisnis Anda, serta nilai-nilai yang Anda sampaikan kepada pelanggan.

Brand bisnis yang unik akan meninggalkan kesan kepada pelanggan Anda, sebelum ataupun setelah melakukan pembelian.

Bangun Brand Bisnis Anda dengan Cara yang Benar

Tentu saja diperlukan konsistensi saat bangun brand bisnis karena waktu yang dibutuhkan tidaklah sebentar. Produk bisnis akan dikenal banyak orang apabila Anda dapat melakukan cara branding bisnis yang benar sejak awal.

Lebih banyak kepercayaan brand produk maka akan lebih banyak penjualan. Tidak ada kata terlambat untuk memulai branding bisnis Anda. Gunakan tips ini untuk membangun brand bisnis produk Anda.

  • Miliki desain logo profesional , tetapi jangan terlalu memikirkannya.
  • Pahami siapa pelanggan Anda , tetapi jangan mencoba menjadi segalanya bagi semua orang.
  • Temukan inspirasi dari merek lain , tetapi jangan sampai menconteknya.
  • Buat slogan atau tagline merek , tetapi jangan terlalu panjang.
  • Teliti tren saat ini , tetapi jangan terjebak di dalamnya.
  • Tentukan “kepribadian” merek Anda , tetapi jangan mencoba terlalu keras.
  • Kembangkan budaya bisnis yang unik , tetapi jangan bertentangan dengan nilai-nilai Anda.
  • Merek dagang merek Anda , tetapi jangan letakkan TM di mana-mana.
  • Gunakan suara yang konsisten , tetapi jangan terlalu sering mengubahnya.
  • Tingkatkan merek Anda , tetapi jangan malu tentang hal itu.

Mengapa Brand Bisnis Harus Unik?

Brand bisnis yang unik dapat menjadi daya tarik kepada para calon pembeli dan pelanggan agar melakukan pembelian produk, bahkan brand yang unik juga dapat meningkatkan rasa loyalitas terhadap merek produk bisnis Anda.

Oleh karena itu, menentukkan brand bisnis yang unik dan menarik memang sangatlah penting untuk masa depan bisnis Anda.

Jadi, tentukkan brand bisnis lebih menarik dari sekadar logonya. Anda dapat meniru keunikan brand bisnis Coca-Cola yang menanamkan komponen identitas merk yang dapat membuat bisnisnya berkembang dengan baik.

Berikut ini alasan mengapa brand bisnis yang unik sangat penting bagi pengusaha untuk mengembangkannya.

1. Brand adalah “Wajah” Bisnis Anda

Brand adalah “wajah” bisnis Anda yang seharusnya tidak hanya terlihat keren atau menarik. Hal tersebut dikarenakan brand yang bagus mengkontribusi identitas bisnis decara asosiatif yang memberitahu publik bahwa brand ini berarti nama bisnis Anda.

2. Brand Membangun Kredibilitas dan Kepercayaan

Memiliki brand bisnis yang unik tidak hanya membuat produk Anda lebih mudah diingat, tetapi juga membuat merek Anda lebih popule. Sebuah brand yang kuat dan konsisten dari waktu ke waktu maka dapat mengembangkan kredibilitas di antara para pesaing bisnisnya sehingga kepercayaan di antara para pelanggannya akan terus meningkat.

3. Tayangan Iklan Menjadi Unik

Saat menayangkan tentu saja Anda juga menyertakan nama brand sehigga bisnis Anda menjadi mudah dikenal. Baik, iklan tersebut dicetak, online, atau iklan pra-putar di YouTube. Sebuah brand dengan kredibilitas yang tinggi maka akan membuat kesan pada pembeli potensial.

4. Menghasilkan Pelanggan Baru dan Menyenangkan Yang Sudah Ada

Brand yang sudah dikenal dengan kredibelitas tinggi maka akan menarik orang untuk membeli apa yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Saat sudah menjadi pelanggan maka membeli produk dengan brad yang sama  akan memberi mereka rasa memiliki. Produk yang baik menghasilkan pelanggan, tetapi brand yang unik akan menghasilkan pendukung.

gambar via kompas.com

Cara Membangun Brand Bisnis yang Unik

Apabila menginginkan bisnis Anda menjadi brand yang terkenal maka membutuhkan beberapa strategi. Langkah-langkah berikut akan membantu Anda membangun brand yang unik.

1. Teliti audiens Anda, proposisi nilai, dan persaingan.

Sama seperti aspek lain dalam memulai bisnis, langkah pertama dalam menciptakan brand adalah menyelesaikan riset pasar . Anda harus mengklarifikasi dan memahami lima hal ini.

Salah satu hal terpenting yang perlu dipertimbangkan ketika membangun brand bisnis adalah bagaimana pesan Anda akan beresonansi dengan audiens target Anda. Mulailah dengan mencari tahu titik peluang audiens Anda.

Anda dapat membuat logo yang menarik dengan marketing yang baus, tetapi jika itu tidak dapat menambahkan jumlah pelanggan Anda dengan efektif maka akan sulit untuk membangun brand yang kuat dan bertahan lama.

2.Proposisi Nilai & Kompetisi

Apa yang membuat bisnis Anda unik? Apa yang bisa Anda tawarkan kepada konsumen, tetapi tidak bisa ditawarkan orang lain? Mengetahui perbedaan antara bisnis Anda dengan pesaing sangatlah penting untuk mengembangkan brand yang sukses.

3. Tentukan Misi

Anda jelas tahu apa yang ditawarkan bisnis Anda sehingga dapat menciptakan kepribadian bisnis dengan baik. Pelanggan tertarik pada merek yang selaras dengan nilai-nilai yang dibutuhkannya. Masukkan misi dan visi Anda ke dalam segala hal bisnis yang Anda lakukan sesuai dengan tujuan perusahaan yang ingin dicapai.

4. Lakukan Analisis SWOT

Melakukan Analisis SWOT dalam dunia bisnis dapat bermanfaat untuk lebih memahami merek produk Anda. Mempertimbangkan karakteristik merek akan membantu Anda menemukan produk yang sesuai dengan kepribadian, visi dan misi perusahaan.

4. Desain Logo yang Unik

Meskipun logo bukanlah keseluruhan identitas merek, tetapi logo menjadi elemen penting dalam proses pencitraan brand yang akan memudahkan pelanggan untuk mengenali produk Anda. Logo produk biasanya ada di segala platform mulai dari situs web Anda.

5. Bentuk Kemasan yang Menarik

Sama pentingnya dengan logo Anda untuk pencitraan brand, elemen yang membuat identitas merek menjadi kuat yaitu bentuk kemasan produk Anda.

Kemasan merupakan bentuk secara visual dalam segala hal yang akan menciptakan konsistensi dan membantu menciptakan keakraban dengan konsumen Anda. Contohnya, lengkungan emas McDonald’s yang menarik sehingga ikon “M” sekarang dikenal di seluruh dunia.

6. Konsistensi Desain Produk

Konsistensi desain produk dapat membantu brand tetap lebih terlihat dibandingkan produk pesaing, gunakan pilihan desain yang sama, boleh saja melakukan inovasi tetapi jangan merubah desain secara berlebihan yang membuat pelanggan tidak mengenali bahwa produk tersebut milih Anda.

7. Bangun Koneksi & Emosi

Brand yang kuat akan membangun hubungan emosional dengan konsumen sehingga dapat menjadi dasar untuk membuka peluang menambahkan jumlah konsumen.

Membangun koneksi dan emosi dari nama brand yang unik sangatlah mudah, Anda dapat menambahkan kata-kata yang menarik sehingga mudah dikenal oleh para pelanggan atau calon pembeli.

8. Mengiklankan Produk Bisnis

Membangun produk yang unik juga dapat dimulai dengan mendesain iklan yang bagus untuk jenis iklan digital maupun iklan media cetak. Buatlah iklan dengan memberikan kesan merk agar terlihat mudah diingat oleh audience target.]

9. Share Media sosial

Media sosial menjadi salah satu cara untuk menjalin hubungan dengan konsumen Anda. Banyaknya platform di internet menawarkan banyak real estat digital yang dapat Anda gunakan untuk membangun brand Anda.

Coca-Cola menjadi salah satu produk yang memanfaatkan real estat foto sampul facebook dengan tetap konsisten menggunakan tema kebahagiaan.

Media sosial juga penting untuk menciptakan kedekatan dengan brand Anda dengan konsumen. Jika produk disebutkan dalam tweet, status, atau posting oleh pelanggan berupa review yang baik maka akan memberikan reputasi yang baik pada merek Anda.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga merespons pelanggan secara efisien di media sosial.

10. Jangan Meniru Pesaing Anda.

Pesaing Anda mungkin memiliki branding yang patut dicontoh, Jika Anda menjual produk atau layanan yang sama mungkin ingin melakukan beberapa caranya yang sudah dilakukan dan berhasil. Tetapi, sebaiknya jangan lakukan karena hal tersebut ternyata dapat memberikan efek negatif untuk bisnis Anda.

Sebaiknya, berikan sentuhan Anda sendiri untuk membuat produk bisnis lebih menonjol di industri lebih dikenal oleh banyak konsumen, dibandingkan produk pesaing.

11. Jangan Kehilangan Konsistensi antara Marketing Online dan Offline

Di era sekarang sudah muncul digital marketing yang disukai oleh banyak pengusaha karena jangkauan marketingnya lebih luas. Tetapi, sebenarnya melakukan marketing tidak harus online, menggunakan strategi pemasaran secara offline juga tetap berperan penting saat ini.

Oleh karena itu, sebagai pebisnis sebaiknya konsistensi dalam melakukan marketing secara online maupun offline agar branding produk bisnis menjadi mudah dikenal oleh banyak orang.

12. Pantau Brand Bisnis Anda untuk menjaga identitas mereknya

Anda dapat memantau brand bisnis menggunakan  Google Analytics, melakukan survei, komentar, diskusi media sosial, dll.

Untuk memantau brand Anda sebaiknya pahami bagaimana orang membicarakan produk bisnis Anda. Hal tersebut untuk memberi Anda kesempatan untuk menerapkan perubahan pada brand Anda sesuai kebutuhan, selain itu juga dapat digunakan untuk memperbaiki kesalahan atau untuk meningkatkan identitas merek.

13. Jadilah Asli Tapi Jadilah Berbeda

Patikan merek pribadi Anda mencerminkan bisnis Anda sebenarnya. Temukan apa yang dilakukan oleh influencer sosial terkemuka dan temukan sesuatu yang berbeda untuk mengambil segmen pasar yang berbeda.

Apabila Anda memiliki produk yang berbeda dengan bisnis pesaing maka akan lebih mudah dikenal oleh pelanggannya,

14. Berikan Promo Berupa Diskon

Cara untuk menjadi pebisnis yang terbaik maka akan membuat konsumen benar-benar terpesona dengan produk yang ditawarkan. Untuk menawarkan produk bisa melalui promo, diskon, ataupun bentuk promosi lainnya yang dapat dijadikan sebagai daya tarik untuk para calon pembeli.

Biasanya, pemberian diskon ataupun promo menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Oleh karena itu, strategi tersebut sangat tepat untuk memperkenalkan branding produk Anda.

15. Buat Video Merek

Ingat, konsumen 10x lebih lebih tertarik untuk menyematkan, membagikan, atau berkomentar sehingga konten video lebih dari blog yang hanya berisi teks atau pos sosial terkait. Jadi cobalah menggunakan video yang ditargetkan untuk mengajak konsumen membeli produk Anda. Dengan video konten produk akan membantu para pembeli mengenali brand bisnis Anda sehingga membuat mereka membeli dari Anda.

Tidak hanya video, Anda juga harus mengeksplorasi media visual lainnya seperti ilustrasi dan grafik. Visual seperti itu menyajikan pesan merek Anda dengan cara yang menarik dan menghibur. Tujuannya di sini adalah untuk membuat kehadiran bisnis Anda terasa dan membantu dalam branding.

16. Pahami siapa pelanggan Anda

Salah satu hal yang lebih sulit dengan pengembangan branding bisnis adalah berkomitmen pada audiens target. Penting untuk memvisualisasikan seperti apa pelanggan ideal dalam audiens Anda.

17. Buat slogan atau tagline merek

Slogan atau tagline adalah frasa singkat yang menunjukkan esensi merek Anda, kepribadiannya, dan posisinya. Itu tidak harus diterapkan langsung ke produk Anda.

 

Misalnya, salah satu slogan branding bisnis yang paling terkenal adalah “Just Do It” dari Nike.

Ketiga kata tersebut tidak ada hubungannya secara langsung dengan sepatu, tetapi slogan Nike mudah diingat dan menyampaikan esensi dari merek tersebut. Ini memotivasi!

18. Tingkatkan merek Anda

Setelah Anda memiliki nama merek, logo, slogan, dan cerita, pastikan Anda mempromosikannya. Logo tercantik tidak akan membantu sedikit pun jika tidak ada yang melihatnya.

Bangun situs web yang bersih dan ramah pengguna yang menjelaskan dengan jelas apa yang dilakukan bisnis Anda untuk konsumen. Ingatlah untuk menyertakan ajakan bertindak yang mengarahkan orang ke arah yang benar (Beli Sekarang, Jadwalkan Panggilan, Daftar). Beri tahu mereka apa yang harus dilakukan.

Tahapan Membangun Brand Bisnis yang Unik

Branding bisnis berkaitan dengan kegiatan membuat pesan yang komprehensif untuk produk atau layanan Anda menggunakan nama, logo, slogan, dan lainnya. Branding perusahaan menjadi tiga fase inti:

Strategi Merek

Strategi Merek adalah bagian penting dan mendasar untuk membangun merek yang sukses. Ini adalah salah satu area yang diabaikan oleh sebagian besar bisnis, karena mereka langsung terjun ke desain dan pemasaran.

Saat menemukan strategi branding terbaik untuk rencana bisnis branding Anda, buatlah tetap sederhana. Branding bisnis bukanlah ilmu roket, tetapi membutuhkan kreativitas dan pemikiran strategis.

 

Identitas merek

Identitas merek Anda harus diterapkan di semua saluran secara konsisten. Ini adalah cara agar bisnis Anda dapat dikenali. Ini termasuk logo Anda, warna dan font, desain situs web, konten, iklan, cetak atau kemasan, dan banyak lagi. Dan semua aset ini adalah bagian dari paket pencitraan merek Anda , yang diperlukan untuk memperkuat merek Anda di berbagai saluran.

Pemasaran Merek

Pemasaran Merek adalah cara bisnis atau organisasi menyoroti dan membawa kesadaran akan produk atau layanan dengan menghubungkan nilai dan suara ke audiens yang tepat melalui komunikasi strategis.

Contoh Brand Bisnis yang Unik di Dunia

Terdapat beberapa contoh brand bisnis unik di dunia yang sudah dikenal oleh banyak orang, Anda dapat menjadikan beberapa brand di bawah ini menjadi inspirasi untuk membangun bisnis.

#1 – Apel

#2 – Google

#3 – Microsoft

#4 – Amazon

#5 – Facebook

#6 – Coca-Cola

#7 – Samsung

#8 – Disney

#9 – Toyota

#10 – McDonald’s

 

Hal pertama yang dikenal dari bisnis Anda yaitu “brand”, siapkan segala elemen bangun brand bisnis yang unik sehingga dapat mudah dikenal oleh pelanggan. Selain itu, bisnis yang dijalankan akan berkembang lebih cepat dengan jangkauan pemasaran yang lebih luas.

 

(Penulis : Adhi Surya Buana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.